Surabaya, pens.ac.id – Penutupan Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) IV usai diikuti oleh delegasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Rabu (4/8). Dituan rumahi oleh Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM), pada malam puncak acara terdapat pengumuman juara dari berbagai kategori yang dilombakan. Kali ini PENS sukses mempertahankan gelar Juara Umum dengan menyabet berbagai penghargaan diantaranya Juara 1 divisi Cipta Inovasi oleh Tim Maca Santara, Juara 1 divisi Pengembangan Aplikasi Permainan (PAP) oleh tim Boku No Fanya, dan Juara 1 kategori E-Goverment oleh tim IAM. Tidak hanya itu, tim N1MDA dari bidang Keamanan Siber dan tim Gefosa dari kategori Internet of Things (IoT) masing-masing berhasil menyumbangkan predikat Best Write Up dan Best System. 

Mengusung tema “Indonesia Makin Cakap Informatika”, pelaksanaan ajang kompetisi yang diikuti oleh 628 tim dari seluruh kategori ini memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya, yakni KMIPN menjadi bagian dari serangkaian acara Pagelaran Vokasi 2022. Pada kategori yang dilombakan terdiri dari Hackathon, Keamanan Siber, E-Government, Perencanaan Bisnis di Bidang TIK, Animasi, IoT, Cipta Inovasi di bidang TIK, serta PAP. Kedelapan kategori ini telah melewati berbagai tahap sejak bulan Maret lalu seperti pendaftaran tim dan submit proposal, babak penyisihan tahap satu dan dua, dan babak final. Tahap pendaftaran dan babak penyisihan dilakukan secara online, sementara babak final diselenggarakan secara offline. 

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh delegasi PENS. Menurut Endah Maulidya selaku peserta PAP PENS ini mengungkapkan bahwa seluruh tim mendapatkan bimbingan dan latihan bersama tim dosen pembina dari Internal PENS. Kendala pun turut dialami oleh tim mahasiswa yang kerap disapa Endah ini. “Setiap kendala yang ada kami diskusikan dengan dosen pembimbing dan pembina, supaya menemukan penyelesaian dari kendala tersebut,” ungkapnya.

Penutupan acara menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh Delegasi PENS dan para peserta setelah berjuang memberikan hasil terbaiknya. Diselenggarakan secara luring di Ruang Auditorium Gedung Utama Lt 2 POLIBATAM dan disiarkan secara langsung pada akun YouTube resmi Polibatam TV, tampak perwakilan PENS meneriakkan jargon tiap kali terdapat tim memperoleh juara. Acara yang turut dihadiri oleh Iwa Sudradjat, ST. MT. selaku Ketua Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik (BAKORMA), Ketua Pelaksana Pagelaran Vokasi 2022 yakni Afdol Zikri, MT., Direktur dan Wakil Direktur III POLIBATAM serta Politeknik seluruh Indonesia ini pun ditutup dengan penampilan hiburan Diharapkan dengan berakhirnya kompetisi tersebut, PENS dapat lebih mempersiapkan dan mendukung mahasiswanya dalam mengikuti kompetisi, khususnya KMIPN tahun berikutnya. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian