Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai mengajak anak usia dini untuk bermain game berbasis teknologi interactive projection pada hari Rabu (20/7). Sebagai bentuk dari pengabdian masyarakat, kegiatan ini berlokasi di Taman Kanak-kanak Sepuluh Nopember. Mahasiswa delegasi PENS beserta para dosen pembimbing tersebut sukses menciptakan suasana ceria hingga kegiatan berakhir.


Bernama “Number Pedia“, game tersebut dapat digunakan untuk belajar dan bermain. Dalam hal ini, game akan ditampilkan ke dinding oleh proyektor, sedangkan tangan akan bermain sesuai perintah game dan gerakan ditangkap oleh webcam. Setelah itu, pilihan angka oleh tangan akan diproses sistem untuk kebenarannya.

Semua murid dan guru TK telah bersiap sejak pukul 08.00 WIB. Tim tersebut beranggotakan mahasiswa program studi Teknologi Game yang terdiri dari Farhan Muhammad, Ryan Ramadhan Lazuardy, Marvel Natanael, Savilla Tifania Mahadewi, dan Salsabhilla Anggraeni Wardani. Merupakan Tugas Akhir (TA) dari Farhan, teknologi ini juga telah lolos babak pertama Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Maka dari itu, para anggota tim mencoba untuk terus uji coba performa dan memperbaiki apabila terdapat kekurangan dari peralatan game berteknologi tersebut.

Setelah semua murid sudah berkesempatan bermain, kegiatan diakhiri oleh penyerahan bingkisan berupa game Number Pedia beserta buku petunjuknya. “Game ini diciptakan agar anak-anak dapat bermain game tanpa harus menatap gadget. Semoga dapat terus dikembangkan dengan menambah objek selain angka,” ucap Aris Sudarianto, S.St., M.T. selaku penanggungjawab kegiatan. (suc/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian