Surabaya, pens.ac.id – Usai berprestasi pada Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional dalam kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KSRBI-B), tim EEPIS Robot Soccer on Wheeled (ERSOW) kali ini torehkan prestasi dalam kancah Internasional. Berlaga dalam RoboCup 2022, ERSOW berhasil meraih predikat dalam tiga kategori yang diikutinya, yakni Juara IV Middle Soccer League (MSL), Juara V MSL Technical Challenge, dan Juara III MSL Scientific/ Engineering Challenge. Tim yang meluncurkan delapan delegasinya tersebut, bersaing dengan total 10 tim dari negara-negara unggulan lainnya yang bertempat di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Thailand selama tujuh hari (11-17/7).

Tim yang diketuai oleh Ahmad Najib ini, telah mempersiapkan sebaik mungkin untuk dapat mengharumkan nama almamater PENS dan Indonesia. Mengingat RoboCup 2022 diselenggarakan tidak jauh setelah KRI tingkat Nasional, persiapan kompetisi Internasional ini membutuhkan penyesuaian karena terdapat beberapa aturan yang berbeda. “Beberapa aturan KRI dan RoboCup MSL berbeda, jadi kami harus melakukan penyesuaian hanya dalam waktu satu minggu,” jelas Vega Kurnia selaku anggota tim ERSOW. 

Tahapan perlombaan diawali dengan technical challenge dimana setiap tim yang bertanding diharuskan menunjukkan kemampuan robot di lapangan, kemudian dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola MSL layaknya pertandingan sepakbola antar satu tim dengan tim lainnya. Pada tahapan yang perlombaan yang terakhir terdapat scientific challenge yakni pemaparan riset ilmiah tim dalam bentuk presentasi. Seluruh kegiatan tahapan perlombaan dilaksanakan di Bangkok International Trade and Exhibition Center (BITEC), Thailand. Selama perlombaan, terdapat hal menarik yang didapatkan oleh tim ERSOW. Tim luar negeri yang ikut berkompetisi sangat terbuka dalam memberikan pengalaman dan pengetahuan yang baru terkait informasi mengenai robot mereka.

Prestasi yang raih tim delegasi PENS dalam kancah Internasional itu, tentunya tidak lepas dari dukungan institusi dan pihak sponsor. Baik dari kampus maupun pihak sponsor sangat membantu tim terutama bagian pendanaan maupun fasilitas lain seperti transportasi dalam menyukseskan prestasi membanggakan ini. Dalam waktu yang dekat ini, tim ERSOW akan merencanakan perombakan yang cukup besar baik secara teknis maupun non teknis, mengingat banyaknya pengalaman dan ilmu yang sudah di dapat dari ajang KRI maupun RoboCup 2022. (irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian