Surabaya, pens.ac.id – Babak Penyisihan Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional usai diselenggarakan secara luring di Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Sabtu (2/7). Lima Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang berpartisipasi pada ajang bergengsi tersebut terdiri dari Tim ERISA, EIRA, EILERO, EROS, dan ERSOW. Tim ERISA, EILERO, dan EIRA dinyatakan lolos ke babak berikutnya setelah berhasil mengalahkan tim lawan pada putaran pertama hingga putaran ketiga. Dua tim lainnya, yakni Tim EROS dan ERSOW turut melanjutkan kompetisi di babak perempat final yang akan dilaksanakan pada Minggu (3/7).

Pergelaran KRI secara luring membuat kompetisi antar tim robot semakin kompetitif. Sebab para peserta harus berhadapan secara langsung untuk menyelesaikan misi pertandingan dengan baik dan saling beradu kecepatan. Pada babak penyisihan ini, Tim EROS dan ERSOW diharuskan untuk mencetak goal sebanyak-banyaknya agar bisa lolos ke babak 16 besar. Meski sempat kalah unggul dengan Tim ICHIRO pada putaran pertama, Tim EROS berhasil bangkit dan mengejar ketertinggalan skor di putaran kedua dan putaran ketiga.

Tim ERSOW pun beraksi dengan cepat dan tepat selama babak penyisihan, hal ini membuat Tim ERSOW menjadi saingan yang unggul bagi para lawan. Konsisten merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam kompetisi. Tim EILERO membuktikan dengan kesungguhan, perencanaan strategi yamg matang, dan konsisten untuk berkembang membawa robot Eilero melaju hingga babak 8 besar. “Kami sudah melakukan yang terbaik tetapi kami tidak berpuas diri. Karena masih banyak improvement pada robot yang belum dikembangkan,” tutur Wahyu Agung Dwi Prastyo selaku ketua Tim EILERO.

Tim ERISA turut konsisten dalam memberikan penampilan tari tradisional terbaik pada putaran pertama hingga putaran ketiga. Robot Eris dan Risa menari dengan anggun dan lancar selama kompetisi. Di sisi lain, Tim EIRA menunjukkan peningkatan dalam babak penyisihan ini. Robot EIRA sukses mendapat poin tinggi dalam waktu yang singkat sehingga dinyatakan berhak lanjut ke putaran 8 besar. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian