Surabaya, pens.ac.id – Tidak berhenti dengan pencapaian lima gelar juara pada pergelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah II beberapa waktu lalu, kini Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengharumkan nama kampus dalam ajang KRI Tingkat Nasional tahun 2022. Digelar secara luring selama tiga hari sejak Jumat (1-3/7), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KRI tahun ini. Sebanyak lima Tim Robot PENS berhasil meraih juara pada masing-masing kategori.

Setelah melalui berbagai rangkaian kegiatan, Tim robot PENS berhasil bersaing melawan 54 perguruan tinggi yang dinyatakan lolos dalam babak KRI Wilayah. Terdapat 121 tim yang lolos pada tingkat Nasional ini, diantaranya 24 tim Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), 24 tim Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), 22 tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI-B), dan 12 tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H). Selain itu, terdapat 24 tim Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan 15 tim pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Perhelatan kompetisi Nasional secara luring ini tidak menghentikan Tim Robot PENS untuk membawa pulang sejumlah gelar penghargaan. Tim EILERO yang bertanding pada KRSRI mendapatkan Juara 1 serta penghargaan strategi terbaik. Tim ERSOW dari divisi KRSBI-B sukses menyabet Juara 2 dan mendapatkan gelar desain terbaik. Sedangkan Tim ERISA yang merupakan perwakilan untuk KRSTI berhasil memperoleh Juara 2.

Selanjutnya, Tim EROS dan Tim EIRA berhasil memboyong penghargaan desain terbaik dan Juara 3 pada masing-masing divisi, yakni KRSBI-H dan KRAI. Penutupan sekaligus pengumuman kejuaraan KRI Nasional 2022 digelar di Gedung Robotika ITS pada Minggu (3/7), disaksikan oleh seluruh peserta dan para dosen pembimbing. “Kami mengucapkan terima Kasih atas segala dukungan dan bimbingan dari seluruh warga PENS. Semoga next time kami bisa belajar dari evaluasi pertandingan dan memperbaiki kinerja dari Tim agar lebih baik lagi,” kata ketua Tim EILERO, Wahyu Agung Dwi Prastyo. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian