Surabaya, pens.ac.id – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2022 usai digelar sejak Jumat (1/7). Dilaksanakan secara luring di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), pada tahun ini terjadi kenaikan jumlah pendaftar yakni sebanyak 2.938 orang. Kegiatan yang ditujukan untuk menjaring peserta didik baru PENS ini diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat pada setiap ruangan dan sesi yang berlangsung.

Bertempat di beberapa laboratorium pada Gedung D3 dan D4 PENS, ujian kali ini dipantau oleh dosen PENS sebagai pengawas. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara full offline, kali ini peserta dapat memilih untuk mengikuti ujian secara offline maupun online sesuai dengan kuota yang telah disediakan oleh PENS. Dengan sistem yang sama seperti tahun sebelumnya, SBMPN kali ini menjaring calon peserta didik yang mendaftar jenjang Diploma III (D3) melalui menggunakan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh PENS.  

Secara keseluruhan terdapat peningkatan peserta yang mendaftar pada seluruh Prodi jenjang D3, yaitu Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, dan Teknologi Multimedia Broadcasting. Direktur PENS yakni Ali Ridho Barakbah, S.Kom., Ph.D., mengungkapkan bahwa adanya peningkatan peserta ini  menunjukkan antusiasme yang tinggi oleh calon mahasiswa baru PENS.

Terdapat lima materi yang diujikan pada SBMPN 2022 antara lain Fisika, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Tes Skolastik. Namun pada kali ini, tidak terdapat Tes Bakat Artistik untuk Prodi Multimedia Broadcasting. Setelah melalui ujian yang sulit namun salah satu peserta SBMPN 2022 yakni Nevitya Elmaira optimis akan lulus pada SBMPN PENS tahun ini. “Saya sudah mempersiapkan dengan latihan soal, mengikuti bimbingan belajar dan berbagai sumber lainnya,” ujar Nevitya.

Direktur PENS mengungkapkan bahwa terdapat 227 calon peserta yang akan dinyatakan lolos. Dengan jumlah daya tampung tersebut diharapkan mampu memotivasi untuk berprestasi pada Prodi yang mereka tuju. Adanya pelaksanaan SBMPN kali ini PENS berharap mampu menjaring peserta didik baru yang berkompeten dan berkualitas. (jes)

wpChatIcon
EnglishIndonesian