Surabaya, pens.ac.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pendidikan Vokasi bersama Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar kegiatan Workshop Learning X bertema “Menyiapkan Jutaan Talenta Digital Indonesia dengan Kurikulum Merdeka SMK dan Platform Learning X” pada Selasa (21/6). Bertempat di Auditorium lt. 6 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini dihadiri 250 peserta undangan guru SMK se-Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang dan sekitarnya).
Wikan Sakarinto, ST, M.Sc., Ph.D. sebagai Pakar Pendidikan Vokasi Indonesia hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Sebelumnya, Wakil direktur PENS bidang kerjasama dan teknologi, Amang Sudarsono, S.T., P.hD. juga turut memberikan sambutan. “keunggulan PENS tentu tidak diragukan lagi, ditengah kemajuan teknologi PENS dapat beradaptasi” jelas Amang dalam sambutannya. Selain itu, turut hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur serta Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Kegiatan yang berlangsung hari ini ditargetkan kepada para talenta bidang digital dari lulusan sekolah Vokasi untuk menggunakan platform Learning X. Sebagai platform yang dinilai komprehesif, Learning X juga telah berhasil mengantarkan kerjasama industri hingga tingkat internasional. Sebagai perwakilan dari Learning X, Mr. Shin Myung Jae mengungkapkan bahwa platform ini merupakan bentuk kemajuan teknologi yang dapat membantu pelajar maupun mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. “Learning X ini sudah banyak mengantarkan dalam kesuksesan menghadapi teknologi,” uangkapnya dalam sambutan.
Pemaparan materi kemudian disampaikan secara langsung oleh Wikan Sakarinto, ST, M.Sc., PhD. Sebagai pembuka, Pakar Pendidikan Vokasi ini menjelaskan mengenai Learning X. Hal yang menarik, Wikan menjelaskan mengenai keberhasilan dari platform ini yang mencapai angka 85% sebagai media pembelajaran efektif bagi siswa yang ingin belajar koding. “tidak dapat diragukan kembali bahwa berbagai platform baru dan berpotensi adalah dari Learning X” pungkasnya.
Ujung kegiatan diusaikan dengan tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh peserta yang hadir. Anis Syaiful Bahtera, Mr. Shin Myung Jae, dan Wikan Sakarinto, ST, M.Sc., PhD merespon dengan cakap berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. “langkah dalam Learning X ini tentu akan berdampak pada kecakapan pelajar di era kemajuan teknologi” ungkap Mr. Shin. (tan) 

wpChatIcon
EnglishIndonesian