Surabaya, pens.ac.id – Salah satu robot delegasi PENS pada divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H) yakni EEPIS Robot Soccer (EROS) telah menyelesaikan pertandingan babak penyisihan Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II 2022 pada Minggu (12/6). Berjuang pada kategori Lomba Kerjasama Robot (LKR), babak penyisihan dilaksanakan secara daring yang melalui Zoom Video Conference. Walaupun melakukan persiapan dengan kurun waktu yang cukup singkat yakni sekitar empat bulan, tim EROS berhasil menaklukkan keunggulan dari tim Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan tim Universitas Negeri Surabaya (Unesa), serta menjadi juara grup C.

Beranggotakan 13 orang, tim EROS berhasil membangun kerjasama dan koordinasi dengan baik hingga waktu berlaga dimulai. Performa maksimal kembali dibawakan oleh tim yang dipimpin oleh Candra Kusuma Wijaya selaku ketua tim. Sempat terkendala kesalahan teknis pada WiFi yang mengakibatkan robot tidak dapat dikendalikan dan kehilangan waktu, tetapi tim tetap menyelesaikannya dengan tenang dan dapat ditanggulangi dengan baik.

Berhasil menyelesaikan dua match secara sempurna, robot yang diberi nama Umar dan Khalid ini tampil memukau dan mencetak gol dengan perolehan poin akhir terbanyak dari kedua tim perguruan tinggi lainnya. Tim EROS berharap dapat meraih juara dan lanjut ke KRI Nasional. “Kalau melihat perolehan skor cukup berat, harus menghemat komponen agar bisa lanjut ke KRI Nasional dan bertanding lebih maksimal,” ucap Candra. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian