Surabaya, pens.ac.id – Tim EEPIS Robot Intelligent Sense of Arts (ERISA) usai tampil dengan anggun pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 Wilayah II yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Video Conference. Bertempat di Ruang Robotik gedung D3 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada (12/6), Tim ERISA sukses mengikuti sesi pertama dengan lancar tanpa kendala. Arena biru menjadi tempat awal pada sesi pertama dalam babak penyisihan ini.

Terdapat dua arena dalam KRI cabang Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Dua arena tersebut terbagi menjadi arena merah untuk sesi pertama dan arena biru untuk sesi kedua. Tugas dari kedua robot yakni Eris dan Risa adalah menarikan tari Kancet Ledo yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan.

Robot Eris dan Risa tampak cantik dengan balutan kostum adat Kalimatan Timur dengan sedikit modifikasi. Aisha Zefanya Alevia dan Tsaqofi M. Ishaq selaku desainer dan programmer Tim ERISA, mengatakan bahwa proses merancang kostum dan memprogram gerakan robot memerlukan waktu kurang lebih selama dua bulan. “Kami puas dengan hasil penampilan robot pada sesi pertama. Harapannya di sesi kedua nanti kami juga mendapat hasil yang maksimal,” tutur Aisha menutup sesi wawancara. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian