Surabaya, pens.ac.id – Babak penyisihan pertama Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II pada divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) usai dilaksanakan secara daring pada Minggu (12/6). Berlangsung di Ruang Robotika, Lantai 2 Gedung D3 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Tim EEPIS Intellegemt Leg Robot (EILERO) berhasil membuat robotnya melewati rintangan dengan cepat, yakni selama 99 detik. Walaupun terdapat kendala pada misi penyelamatan korban di ruang kedua, tim tersebut masih optimis pada kesempatan kedua esok hari.
Rintangan yang diselesaikan oleh EILERO kali ini adalah memadamkan api dan menyelamatkan boneka pada dua ruangan dengan melewati rintangan menonjol, berlubang, dan naik turun. EILERO dapat diakui termasuk salah satu robot pada divisi KRSRI yang memiliki kecepatan lebih dari beberapa robot lainnya. Namun sangat disayangkan, performa EILERO pada sesi I ini hanya sukses di ruangan satu. EILERO mengalami kendala saat menyelamatkan korban dari ruangan dua.
Setelah menyelesaikan babak penyisihan pertama, Tim EILERO istirahat sembari mempersiapkan laga di penyisihan kedua esok harinya. Walaupun sempat kecewa, EILERO tetap mengusahakan yang terbaik. “Kemungkinan gagal pasti ada, kan memang tidak bisa diprediksi. Tapi kita akan berusaha maksimal untuk penampilan besok,” tutup Jimly Adam Ahmad, salah satu anggota EILERO. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian