Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka Dies Natalis ke-34 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), berkolaborasi dengan Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya usai diselenggarakan Japan Fun Festival (JFF) pada Minggu (29/5). Kegiatan kali ini bertempat di Lapangan Merah PENS dengan mengangkat tema “Taikai Matsuri” atau yang berarti “Festival Perlombaan”. JFF kali ini turut mengundang siswa SMA/SMK/MA, mahasiswa dan masyarakat umum pecinta budaya Jepang se-Jawa Timur untuk mengikuti serangkaian perlombaan seperti kanji, ranking 1, roudoku, video vlog, seiyuu, cosplay walk, fanart, dan dance cover.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya yakni Takeyama Kenichi, Dr. Siti Marwiyah yang merupakan Rektor Unitomo, S.H., M.H., dan Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS. Setelah adanya pembukaan dan sesi foto bersama, terdapat penampilan kegiatan chanoyu atau upacara minum teh yang dilanjutkan dengan seminar bertajuk “Mengenal Beasiswa Pendidikan”. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Teater PENS ini menghadirkan pembicara dari Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya yakni Tsumura Moe selaku Konsul Muda Bidang Informasi Pendidikan dan Kebudayaan.

JFF ke-26 ini turut menyediakan berbagai stand makanan maupun merchandise yang bertemakan jejepangan di sekitar Lapangan Merah PENS. Kegiatan tersebut semakin terasa meriah dengan adanya penampilan aksi seni bela diri Jepang Kendo dari Unitomo, bintang tamu Seaberry, HT-ONE, dan Kiseki Band. Tidak hanya itu, dilaksanakan pula kompetisi cosplay walk dan dance cover yang langsung dinilai oleh para juri yang kompeten. “Ini merupakan event pertama kali ikut kampus, dan ternyata asik karena banyak yang datang dan rame banget,” ungkap Krisna, salah satu peserta kompetisi coswalk. Diharapkan dengan berakhirnya Japan Fun Festival ini dapat memberitahukan informasi terkait budaya Jepang baik budaya modern dan tradisional kepada masyarakat umum. (ten)

 

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian