Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan seleksi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 2022 telah memasuki tahap pendanaan yang secara resmi diumumkan melalui Instagram @bempens_official pada Rabu (20/4). Terdapat tiga tahapan yang harus dilalui oleh pendaftar mulai dari seleksi tahap 1 proposal, tahap 2 presentasi bisnis hingga workshop sebagai seleksi tahap akhir. Dengan menghadirkan praktisi yang kompeten pada bidang Wirausaha yakni Tyas Ajeng Nastiti, M. Idris Setiawan, dan Dian Mukti Wicaksono, workshop sebagai bahan evaluasi sebelum lolos pendanaan ini diselenggarakan secara online melalui Zoom Video Conference. Sebanyak 15 tim telah dinyatakan lolos pendanaan dan akan mendapatkan pembinaan dari Tim Kerja Pembina Kewirausahaan PENS.

Kegiatan awal PMW PENS 2022 diawali dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan sejak bulan Januari. Sebanyak 46 tim mendaftarkan bisnis mereka pada PMW 2022 sesuai dengan kategori, yakni kategori teknologi, industri kreatif, budidaya, dan kuliner. Meskipun mengalami penurunan dari jumlah pendaftar  tahun lalu, hal ini tidak menghambat proses seleksi PMW 2022. “Karena saat pendaftaran PMW, mahasiswa kelas 1 dan 2 melaksanakan kuliah online, sehingga mahasiswa kesulitan berdiskusi dalam penyusunan proposal bisnis dan tidak mengikuti seleksi PMW 2022,” ujar Koordinator Tim Kerja Pembina Kewirausahaan PENS, Diah Septi Yanaratri.

Proposal bisnis yang dikirimkan oleh tim akan dilakukan penilaian proposal mulai dari deskripsi produk, pangsa pasar, rencana pemasaran, hingga anggaran biaya. Dalam seleksi tahap pertama tersebut, dipilih 30 proposal terbaik untuk melanjutkan pada tahapan seleksi dua. “Pada seleksi tersebut, tim yang terdiri dari 3-5 mahasiswa harus mempresentasikan bisnis yang diajukan kepada praktisi bisnis yang dihadirkan sebagai reviewer dan dinilai kesiapan mereka dalam menjalankan ide bisnis yang nantinya akan dijalankan,” jelas Septi.

Sebelum mendapatkan pendanaan PMW, 16 tim yang lolos diharuskan mengikuti seleksi terakhir pada (9-10/4) yakni workshop yang memberikan pengetahuan dasar mengenai bisnis. Pada workshop tersebut dijelaskan mengenai product branding, marketing strategy, dan team management oleh praktisi sesuai dengan bidang masing-masing. Meskipun seluruh proses seleksi dan workshop dilaksanakan secara online, antusiasme dari pendaftar PMW sangat baik dan dapat dirasakan dari keaktifan tim dalam berdiskusi dengan praktisi. Dengan adanya proses seleksi PMW 2022, diharapkan mampu membantu mahasiswa mengembangkan bisnis hingga menjadi entrepreneur yang sukses, berkontribusi terhadap perekonomian negara, dan menjadi penyedia lapangan pekerjaan untuk masyarakat luas. (irf)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian