Surabaya, pens.ac.id – Kembali mengharumkan kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melalui prestasi, kali ini lima Mahasiswa D3 Teknik Informatika berhasil meraih Silver Medal dalam Youth International Science Fair (YISF) 2022. Kompetisi tingkat internasional ini, digelar selama tiga hari (14-17/3), dan bertempat di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Dalam mengikuti ajang ini, tim yang beranggotakan Muhammad Hariz Izzudin, Rifqy Danny Pratama, Lambang Bintoro, Fahmi Wahyu Alifyan, dan Mohamad Faizal Nor Havid membawakan inovasi mengenai pengembangan publikasi wisata di Indonesia melalui aplikasi holide.id.

Persiapan yang dilakukan oleh Hariz dan tim dimulai dari menyiapkan full paper dalam bahasa inggris, hingga perlengkapan penunjang pameran setup booth. Dalam mengikuti ajang ini, tim tersebut dilatarbelakangi oleh motivasi untuk terus berkarya sekaligus branding aplikasi holide.id. “Mengingat aplikasi kami bukan hanya sekadar untuk dilombakan, tapi akan diimplementasikan secara langsung. Melalui ajang ini, produk kami bisa semakin dikenal oleh khalayak luas,” tambah Hariz selaku Ketua Tim.

Sempat mengalami beberapa kendala dalam mengikuti ajang ini, tidak menyurutkan kelima mahasiswa IT PENS hingga mendapatkan Silver Medal pada YISF 2022. Cukup banyak hambatan dikarenakan ajang ini merupakan tingkat Internasional, seperti adanya hambatan dana, namun pihak kampus PENS dapat memberikan dukungan sehingga dapat tim mengikuti dengan baik dan lancar. Tidak hanya itu, hambatan komunikasi juga sempat dialami kelima anggota tim dikarenakan domisili anggota yang berbeda-beda.

Hariz dan tim berfokus membawakan sebuah aplikasi Holide Marketplace e-Ticket Destinasi Wisata Indonesia Sebagai Salah Satu Strategi Dalam Pemulihan Sektor Pariwisata Akibat Pandemi Covid 19. Aplikasi tersebut berisikan fitur-fitur yang memudahkan pengguna memesan tiket wisata yang lebih efisien dari segi waktu dan tempatnya hingga pemesanan transportasi, akomodasi, penginapan dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat terutama sekitar daerah pariwisata.

Raihan prestasi tersebut merupakan hasil dari usaha dan pantang menyerah setelah berbagai halangan serta masalah yang telah dihadapi oleh Tim. Hariz berpesan kepada Mahasiswa PENS agar selalu semangat dan tidak mudah putus asa, karena kekalahan dalam sebuah perlombaan bukan berarti kegagalan, namun hal tersebut merupakan bagian dari proses menuju kesuksesan untuk menjadi lebih baik. (irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian