Surabaya, pens.ac.id – Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) telah dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (8-30/1) selama empat gelombang. Kegiatan ini difasilitasi oleh setiap himpunan mahasiswa di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Kampus Utama dengan menyasar mahasiswa angkatan 2021. Dilaksanakan dengan tujuan memberi bekal mahasiswa untuk memanajemen suatu kegiatan dalam organisasi maupun kepanitiaan, kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Zoom Video Conference.

Kegiatan yang merupakan lanjutan dari LKMM Pra-TD ini mengajarkan mahasiswa untuk manajemen kegiatan dikarenakan mahasiswa akan memasuki Organisasi Mahasiswa (Ormawa) maupun menjadi panitia dalam suatu acara. Dimulai secara bergantian pada setiap minggunya, pada gelombang pertama (8-9/1) dilaksanakan oleh HIMA Multimedia Broadcasting (HIMA MMB) dan HIMA Sistem Pembangkit Energi (HIMA Energi). Dilanjutkan pada minggu berikutnya yakni HIMA Teknik Informatika (HIMIT) dan HIMA Mekatronika (HIMA MEKA). HIMA Telekomunikasi (HIMA Telkom) dan HIMA Elektro Industri (HIMA Elin) mendapatkan giliran ketiga pada (22-23/1). Disusul dengan HIMA Elektronika (HIMA Elka) dan HIMA Teknik Komputer (HMCE) pada gelombang keempat (29-30/1).

Kegiatan diawali dengan Technical Meeting (TM) yang berlangsung satu hari sebelum kegiatan dilaksanakan untuk memberikan arahan mengenai mekanisme LKMM-TD kepada peserta sebelum memulai kegiatan esok harinya. Pada hari pelaksanaan, dimulai sejak pukul 06.00 WIB, para mahasiswa diberikan materi mengenai manajemen kegiatan seperti Analisa Kondisi Lingkungan, Perumusan Masalah Awal, Tolok Ukur Keberhasilan hingga Standar Administrasi Umum guna menunjang pembekalan mahasiswa untuk memanajemen suatu kegiatan. Di sela-sela materi tersebut, juga terdapat ice breaking guna menciptakan suasana yang tidak membosankan. “Selama mengikuti LKMM-TD, sangat menyenangkan tapi pastilah ada waktu dimana kita bosan dengan materinya tetapi banyak hal bisa didapat seperti kerjasama dalam kelompok, penyusunan kepanitiaan, dan berani untuk berpendapat di depan banyak orang.” ujar Risma Damayanti Peserta LKMM-TD HIMA MMB. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memahami sekaligus mengimplementasikan atas materi yang diberikan. “Harapannya bisa memahami dan mengimplementasikan materi yang diberikan, karena ketika terjun ke ormawa atau suatu kepanitiaan akan menjadi bekal dalam pelaksanaan kegiatan mereka.” harap Fatimah Az Zahro selaku Penanggung Jawab LKMM TD PENS 2022. (irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian