Surabaya, pens.ac.id – Merupakan salah satu tahapan wajib yang diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah melaksanakan Seminar Proyek Akhir (PA) Tahap 1. Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih satu pekan (17-25/1), dan kembali dihelat secara daring melalui Zoom Video Conference. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Jenjang Sarjana Terapan angkatan tahun 2018 yang terdiri dari program studi Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, Sistem Pembangkit Energi, dan Teknologi Game.

Setelah melaksanakan Sidang Kerja Praktik (KP), mahasiswa tingkat akhir mulai mempersiapkan dan menyusun buku PA. Di tengah penyusunannya, para mahasiswa wajib mengikuti sidang PA tahap 1. Dalam tahap tersebut, mahasiswa diminta untuk memaparkan perkembangan dari pembuatan buku PA kepada dosen pembimbing dan dosen penguji. Menurut Dhigmayoga Raseto Akbar, salah satu mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Elektro Industri, terdapat dua hal utama yang dipersiapkan yakni konsep dan teknis.

Hal teknis berupa berkas-berkas yang harus dikumpulkan sebagai syarat administrasi seperti buku, presentasi, dan video. Selain itu, mahasiswa yang akrab disapa Dhigma turut mempersiapkan dalam segi implementasi hardware PA. “Untuk konsep sendiri yakni mempersiapkan secara matang mengenai konsep Proyek Akhir yang sedang dikerjakan mulai dari nol hingga progress yang sudah dikerjakan saat ini serta kontribusi final dalam lingkup akademik di Prodi ELIN,” ungkapnya.

Kegiatan sidang masing-masing sidang program studi dimulai pada pukul 08.00 WIB. Setiap mahasiswa akan dipanggil secara bergantian, kemudian melakukan presentasi mengenai progress dari buku PA. Setelah itu, terdapat sesi tanya jawab serta penyampaian saran dan kritik oleh dosen penguji dan dosen pembimbing. “Dalam sidang tersebut baik dari Bapak Ibu Dosen penguji maupun pembimbing memberikan saran dan kritik guna mencapai tujuan akhir dari Proyek Akhir saya,” ujar Dhigma. Dengan dilaksanakannya Sidang PA Tahap 1 ini, mahasiswa tersebut berharap dapat menyelesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya serta tujuannya tercapai. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian