Surabaya, pens.ac.id – Tim GasJOSS yang terdiri dari empat mahasiswa D4 Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sukses meraih Juara 1 dalam  Information and Communication Technology (ICT) bidang Innovation App. Diumumkan pada Minggu (28/11), tim ini beranggotakan Santi, Habil, Vanessa Florentina Patricia, dan Azis Zuhri Pratomo. Kompetisi tingkat nasional tersebut diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang secara daring melalui Zoom Video Conference. 

Berawal dari coba-coba, Tim GasJOSS yang diketuai oleh Santi dengan sigap mendaftarkan timnya dalam perlombaan bertaraf nasional ini. Meskipun terdapat beberapa kesulitan seperti terdapat bug dalam aplikasi mobile, tim ini segera melakukan perbaikan sehingga tidak terdapat masalah yang berarti. Presentasi finalis dilaksanakan pada Sabtu (27/11), dengan bersaing dengan empat tim unggulan lainnya. 

Dengan membawakan aplikasi uCraft yang merupakan sebuah platform untuk menampung kerajinan tangan, Tim GasJOSS berhasil menyabet Juara 1 dalam Bidang Innovation App ICT. Aplikasi tersebut dilatarbelakangi oleh penurunan pesanan produk lokal khususnya kerajinan tangan di masa pandemi. “Aplikasi kami berfokus kepada kerajinan tangan tanpa digabung dengan produk lain, sehingga tidak akan mengurangi minat masyarakat untuk membeli produk lokal,” ujar Santi selaku Ketua Tim GasJOSS. 

Santi turut berpesan untuk mahasiswa PENS lainnya agar terus berprestasi dengan mencoba apapun kompetisi yang sesuai dengan kemampuan. “Terus mencoba apapun lomba sesuai dengan kemampuan, karena kita tidak akan tahu kapan kita akan beruntung. Cari tim yang cocok, sehingga progress dan proses akan terasa nyaman,” pungkasnya. (irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian