Surabaya, pens.ac.id – Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Internasional usai dihelat oleh Program Magister Terapan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Selasa (30/11). Kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference ini mengundang Prof. Ir. Teddy Mantoro, M.Sc., Ph.D., SMIEE. dari Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM). Disiarkan langsung melalui kanal YouTube PENS TV, kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan dimulai pada pukul 13.00 WIB.

Dimoderatori oleh Dr. Ing Hestiasari Rante, ST. M.Sc selaku Ketua Program Studi Teknologi Multimedia Rekayasa (TRM), kegiatan diawali dengan pemberian kata sambutan oleh Kepala Program Pascasarjana yakni Dr. Bima Sena Bayu Dewantara, S.ST., MT. Dalam sambutannya, Kepala Program Pascasarjana mengungkapkan bahwa publikasi jurnal ilmiah tingkat internasional memiliki standar penulisan yang lebih tinggi dan kompleks dibandingkan tingkat nasional. “Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan skill dan pengetahuan bagaimana tips dan trik menembus publikasi jurnal ilmiah internasional tersebut,” ungkap Dr. Bima Sena.

Kegiatan berikutnya yakni penyampaian materi oleh narasumber dengan mengambil tiga topik utama yang terdiri dari menentukan area dan ide penelitian, membuat judul dan abstrak penelitian yang menarik, serta mengembangkan literature review dan model atau framework. Pada sesi pemaparan tersebut, Prof. Ir. Teddy Mantoro turut mengajak peserta untuk mulai memilih satu ranah keilmuan atau body of knowledge kemudian menentukan center of excellent di bidang ilmu yang ditekuni.

Adapun berbagai contoh serta simulasi pada beberapa topik yang diberikan pembicara agar mempermudah peserta dalam memahami materi. Setelah penjelasan materi usai, terdapat sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta. Kegiatan workshop ini ditutup secara simbolik dengan sesi foto bersama. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, para peserta khususnya sivitas akademika dan mahasiswa PENS dapat meningkatkan ilmu dan wawasan dalam bidang menulis artikel ilmiah internasional. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian