Surabaya, pens.ac.id – Webinar Study in Southampton University usai digelar secara daring pada Jumat (26/11), melalui aplikasi Zoom Video Conference. Tiga narasumber yang hadir merupakan alumni Southampton University yaitu Iwan Syarif, M.Kom, M.Sc, Ph.D, Dr. Nu Rhahida Arini, S.T., MT., dan Prof. Bhakti Stephan Onggo, Ph.D selaku profesor di Southampton Business School. Webinar ini ditujukan untuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum yang tertarik untuk melanjutkan studi jenjang S2 dan S3 di Southampton University atau di negara Inggris dengan beasiswa.

Webinar dibuka oleh Dias Agata, S.S., M.Pd. yang bertugas sebagai moderator lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi “Study in the UK – University Guide for International Students” oleh Iwan Syarif, M.Kom, M.Sc, Ph.D. Iwan menjelaskan tentang sistem pendidikan di Inggris, biaya hidup, dan sepuluh alasan mengapa memilih Inggris sebagai tempat melanjutkan studi. “Inggris memiliki sistem pendidikan yang berkualitas tinggi dan terbuka untuk seluruh mahasiswa internasional. Banyak beasiswa yang ditawarkan untuk jenjang S2 dan S3, salah satunya adalah beasiswa LPDP,” ujar dosen Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tersebut.

Narasumber kedua yaitu Dr. Nu Rhahida Arini, S.T., MT. yang turut membagikan pengalamannya dalam meraih gelar doktoral di Southampton University. Dosen PENS yang akrab disapa Arini ini memotivasi para mahasiswa yang hadir untuk berani mengambil beasiswa dan melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris. “Inggris adalah negara yang indah. Kuliah di Inggris tidak hanya enak, tapi enak sekali. Banyak privilege yang didapatkan bila berkuliah di Inggris, termasuk dapat menonton pertandingan sepak bola secara langsung bagi penggemar sepak bola Eropa,” terang Arini.

Profesor di Southampton Business School, Prof. Bhakti Stephan Onggo menjadi pembicara terakhir pada webinar tersebut. Dalam pemaparannya, Stephan membeberkan proses dan kiat-kiat dalam menempuh pendidikan doktoral di Inggris. Setelah sesi pemberian materi usai, para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab kepada narasumber. Melalui pelaksanaan webinar ini, diharapkan peserta semakin tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris khususnya di Southampton University dengan beasiswa. (rif/raf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian