Surabaya, pens.ac.id – Sosialisasi Produk Inovasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Program Matching Fund Vokasi usai diselenggarakan pada Senin (22/11). Kegiatan tersebut dihelat secara luring di Hotel DoubleTree by Hilton Surabaya dan disiarkan online melalui Zoom Video Conference. Kegiatan tersebut turut mengundang perwakilan industri dari PT. Telkom Indonesia Bandung, BPSDM Jawa Timur, dan PT. Hartono Istana Teknologi (Polytron). Sejumlah dosen PENS berkesempatan memaparkan produk inovasi kepada pihak industri.

Sosialisasi dibuka dengan pemberian sambutan oleh Dr. Eng. Bambang Sumantri, S.T, M.Sc selaku Wakil Direktur Bidang Akademik PENS. Selanjutnya Drs. Achmad Basuki, M.Kom, Ph.D selaku Tim Kerja Layanan Inovasi PENS memaparkan produk inovasi PENS. Dalam pemaparannya, Achmad Basuki membeberkan beragam produk inovasi PENS dalam berbagai bidang baik dari bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, bisnis, elektronika, dan robotika. Salah satu contoh dari produk inovasi tersebut adalah ethol, virtual reality lab, mesin penggorengan tempe, dan printer 3D.

Kegiatan berikutnya yaitu pemaparan industri oleh Joegianto selaku Associate General Manager Business Development PT. Polytron. Membawakan topik  “Transform Industry to INDI 4.0“, perwakilan dari PT. Polytron tersebut menjelaskan produk inovasi yang telah diterapkan dalam perusahaan. “Kami berharap lulusan PENS menguasai kompetensi dasar elektronika dan mesin dalam pembuatan produk inovasi,” ujar Joegianto. Pemaparan selanjutnya mengenai materi kerusakan jalan dan manajemen pemeliharaan jalan diberikan oleh Dr. Ir. I Made Sukartha, CES selaku perwakilan BSDM Jawa Timur.

Pemaparan dari industri ditutup oleh perwakilan PT. Telkom Indonesia Bandung, Dr. I Ketut Agung Enriko yang berjudul berjudul “Setting Up Success in The Era of Industry 4.0″. Adapun pemaparan terakhir mengenai produk inovasi PENS yaitu EMSIT disampaikan oleh Rahardhita Widyatra Sudibyo, Ph.D. Terdapat sesi tanya dikusi pada akhir sesi pemaparan, foto bersama serta penyerahan cinderamata. Dengan adanya sosialiasi ini, diharapkan PENS mampu berkolaborasi dengan industri untuk mencetak lulusan yang siap berkarir di industri dan menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat luas. (rif/jes)

wpChatIcon
EnglishIndonesian