Surabaya, pens.ac.id – EEPIS Bidikmisi Organization (EBIO) sukses melaksanakan program Bidikmisi Management Training (BIMATRA) 2021. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari (20-21/11), dan diikuti oleh 225 mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tahun angkatan 2021. Kegiatan yang dihelat secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference, pada kesempatan kali ini mengusung tema “Buka Lembaran Baru dengan Semangat Baru”.

BIMATRA merupakan salah satu agenda rutin berupa pelatihan dengan tujuan dan tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2021, tujuan diadakannya kegiatan tersebut sebagai ajang pengenalan bagi mahasiswa KIP-K 2021 dan meningkatkan motivasi dalam menciptakan inovasi baru dan berprestasi. “Kita menginginkan teman-teman KIP-K 2021 bisa beradaptasi dengan dunia baru di dunia perkuliahan, seperti halnya lembaran yang masih kosong yang bisa diisi dengan prestasi-prestasi,” ujar Nurul yang merupakan Ketua Pelaksana BIMATRA 2021.

Hari pertama kegiatan diawali dengan adanya pembukaan yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB. Dalam kesempatan ini, terdapat penyampaian kata sambutan oleh Direktur PENS yakni Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D, Novian Fajar Satria, S.ST., M.T. selaku Kepala Unit Minat Bakat dan Organisasi Mahasiswa, serta Yudho Putrantoko yang merupakan Ketua EBIO. Kemudian, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi hingga hari kedua. Diantaranya pengenalan EBIO, penjelasan mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), pembentukan karakter, hingga manajemen waktu. Selain itu, turut dilaksanakan pula forum diskusi dengan kelompok, post test guna mengetahui tingkat pemahaman para peserta, serta penayangan video kreatif masing-masing kelompok.

Pelaksanaan BIMATRA secara daring ini ternyata tidak menyurutkan antusiasme dan semangat peserta dalam mengikuti kegiatan. “Mereka sangat antusias, aktif, dan kritis terhadap materi yang telah diberikan, misalnya saat FGD di hari pertama mereka saling memberikan ide baru dan masukan antar kelompok,” ungkap Nurul. Di penghujung kegiatan, sesi awarding bagi para peserta dengan beberapa kategori dan foto bersama menjadi penutup dari BIMATRA 2021. Diharapkan setelah kegiatan BIMATRA kali ini dilaksanakan, dapat meningkatkan motivasi mahasiswa PENS khususnya penerima KIP-K tahun 2021 dalam meraih prestasi. (ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian