Surabaya, pens.ac.id – Setelah berhasil mengalahkan Tim Shankara dalam semifinal, Tim EEPIS Multirotor Research (EMIRO) kali ini mengikuti pertandingan final pada Jumat (19/10). Bertanding dengan Bayucaraka ITS dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Tim EMIRO berikan usaha terbaiknya dalam pertandingan ini. Bertempat di Hall Gedung D4 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Tim EMIRO berakhir mendapatkan Juara Pertama dalam Vertical Take Off Landing (VTOL) di Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021.

Pertandingan berlangsung menegangkan sebab lawan Tim EMIRO pada babak ini adalah lawan yang unggul. Sebelumnya, Bayucaraka ITS telah memegang rekor strike atau mendapat poin sempurna di semua babak. Oleh karena itu, Tim EMIRO berjuang ekstra pada laga puncak untuk mendapat skor yang lebih tinggi dari tim lawan.

Kompetisi dimulai dengan robot EMIRO 8 yang sukses terbang terlebih dahulu dari Bayucaraka ITS. Keduanya berhasil mendapat strike dengan memasukkan tiga objek ke dalam zona merah. Selisih 8 detik pendaratan robot menjadi hal krusial yang akhirnya membawa PENS menjadi juara pertama. “Kami sempat pesimis ketika harus berhadapan dengan Bayucaraka ITS, tapi alhamdulillah kami bisa menjadi juara satu,” tutur ketua Tim EMIRO yakni Farrel Adhiatama Nugroho. (rif/jes)

wpChatIcon
EnglishIndonesian