Surabaya, pens.ac.id – Babak pertandingan grup putaran pertama divisi Vertical Off Landing (VTOL) Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021 telah diikuti Tim EEPIS Multirotor Research Team (EMIRO) pada Rabu (17/11). Pada babak ini, Tim EMIRO berhasil unggul melawan Tim FLY-RG dari Universitas Negeri Surabaya dengan perolehan total poin sebesar 40,95. Hal ini membuat Tim EMIRO yang beranggotakan enam mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) semakin optimis untuk mengikuti babak selanjutnya.

Dalam pertandingan ini, robot terbang Tim EMIRO diharuskan mampu untuk lepas landas, melewati tiga rintangan tinggi yang berbentuk balok tegak, meletakkan benda di atas daerah khusus rintangan, dan mendarat di titik yang tepat. Semua harus sesuai dengan urutan dan dalam mode auto yang tidak boleh dikendalikan dengan remote control. Kompetisi berjalan dengan lancar dan Tim EMIRO sukses mendapat poin yang tergolong tinggi.

Enam anggota Tim EMIRO tampak puas dengan hasil pertandingan grup di putaran pertama ini. “Kami sempat diremehkan dengan perolehan poin yang kecil sebelumnya saat melakukan flight test. Ketika hari pertandingan ternyata robot kami bisa mendapat poin yang tinggi, kami senang sekali.” Ujar Farrel Adhiatama Nugroho selaku ketua Tim EMIRO. Setelah pertandingan usai, Tim EMIRO melaksanakan latihan agar tetap tampil maksimal pada pertandingan grup putaran ketiga yang akan digelar pada esok hari. (rif/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian