Surabaya, pens.ac.id – Tim EEPIS Flying Robot for Indonesia (EFRISA) mendapat giliran tampil pertama dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021 divisi Technology Development dan sub divisi Flight Controller. Berlangsung pada Rabu (17/11), Tim EFRISA sukses menampilkan performa terbaik dengan robot terbang EFALCON 4.0. Hambatan berupa cuaca mendung dan angin kencang tidak menyurutkan semangat perjuangan tiga anggota tim untuk terus berkompetisi.

Berlangsung secara hybrid di Lapangan Merah Gedung D3 PENS dan secara online melalui Zoom Video Conference, Tim EFRISA lancar dalam mendemonstrasikan EFALCON 4.0 selama 30 menit kepada dewan juri. Demonstrasi dimulai dengan memperlihatkan komponen-komponen robot, menyambungkan koneksi robot dengen controller, menerbangkan robot, dan sesi tanya jawab dengan dewan juri. EFALCON 4.0 sempat berhasil mengudara di angkasa dengan stabil, namun akibat adanya faktor cuaca mendung disertai angin kencang robot pesawat tersebut terjatuh.

Tim EFRISA segera melakukan perbaikan kepada bagian robot yang lepas akibat terjatuh karena waktu yang terbatas. Sikap tenang dan fokus benar-benar ditunjukkan oleh ketiga tim dalam menghadapi masalah di kontes ini. “Meski pelaksanaan demonstrasi tidak sesuai harapan, saya bangga sekali sudah mengikuti lomba ini bersama teman-teman dan berhasil memperbaiki wahana EFALCON 4.0 hingga bisa terbang kembali,” Jelas Nur Cahyo Ihsan Prastyawan selaku ketua Tim Flight Controller. (rif/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian