Surabaya, pens.ac.id – Kegiatan pengabdian masyarakat telah diselenggarakan oleh Program Studi Sistem Pembangkit Energi (SPE) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Bertempat di SMA Negeri 4 Surabaya, kegiatan tersebut dilangsungkan pada Kamis (11/11). Kegiatan yang bertajuk “Pemanfaatan Modul Energi Baru dan Terbarukan Berbasis Multimedia Sebagai Modul Ajar Interaktif” ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa tahun 2018, 2019, dan 2020, serta beberapa dosen pengajar. Seluruh rangkaian kegiatan diadakan secara luring dengan tetap menaati protokol kesehatan.

Dimulai pukul 09.00 WIB, kegiatan diawali dengan sambutan oleh Tri Wahyu Liswati, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMAN 4 Surabaya. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bisa memberi inspirasi dan ilmu kepada para siswa, sekaligus mengikat tali silaturahmi dan komunikasi antar kedua belah pihak. Sambutan kedua disampaikan oleh ketua Prodi SPE PENS yakni Erik Tridianto, ST, MT. Dilanjut dengan sambutan yang ketiga oleh Dr. Nu Rhahida Arini, S.T., M.T, sebagai ketua pengabdian masyarakat SPE PENS.

Usai pembukaan, sesi selanjutnya yakni pembagian kelas untuk pemaparan materi siswa-siswi kelas 12. Terdapat 7 kelas yang tiap kelasnya diisi oleh satu dosen sebagai penyampai materi dengan dibantu oleh dua mahasiswa yang sudah ditentukan. Dalam sesi ini, dijelaskan gambaran umum beserta penayangan video Prodi SPE sebagai upaya pengenalan kepada Siswa-Siswi SMAN 4 Surabaya dengan durasi waktu 20 menit. Di lima menit terakhir, terdapat sesi tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan. “Dari awal saya memang sudah mengerti sebagian tentang Prodi SPE PENS, setelah saya mendengar materi yang disampaikan secara langsung, saya jadi lebih tertarik dan yakin ingin melanjut kuliah jurusan pembangkit di PENS,” ujar Muhammad Ubaidillah, siswa kelas 12 SMAN 4 Surabaya.

Bersamaan dengan itu, diberikan pula sosialisasi penggunaan aplikasi EBT dan alat peraga sebagai media ajar untuk guru dan para siswa, serta penyerahan cinderamata oleh kedua belah pihak. Bantu memeriahkan acara, mahasiswa PENS mengadakan live music dengan membawakan 2 lagu sesuai request. Setelahnya, dilaksanakan quiz ranking 1 yang diikuti secara aktif oleh seluruh peserta. Kegiatan ditutup oleh Kepala Sekolah SMAN 4 Surabaya dilanjutkan dengan penyerahan modul ke pihak sekolah. “Semoga kebersamaan ini tetap terjaga dan selalu menjadi berkah baik untuk PENS dan juga SMAN 4 Surabaya. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah inspirasi dan informasi bagi para siswa,” pungkas Tri Wahyu Liswati. (her/tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian