Surabaya, pens.ac.id – Sebuah prestasi kembali dibawakan oleh mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kali ini berasal dari tiga mahasiswa Program Studi Teknik Telekomunikasi yakni Hendri Darmawan dan Zahra Salsabila Hernanda dari D4 Telekomunikasi 2018, serta Arasy Dafa Sulistya Kurniawan dari D3 Telekomunikasi 2019 yang berhasil menyabet Juara 3 pada ajang National Round Huawei ICT Competition 2021 disabet oleh. Diumumkan saat Awarding Ceremony Day pada hari Kamis (4/11), secara daring melalui Zoom Video Conference dan ditayangkan live melalui akun YouTube Huawei Enterprise Indonesia, kegiatan ini bertajuk “Connection Glory Future”.

Persiapan para delegasi dimulai dengan pembekalan oleh Dosen PENS yakni Moch. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Hani’ah Mahmudah, S.T., M.T. pada hari Minggu (26/09). Selanjutnya, kegiatan sertifikasi dari pihak penyelenggara kompetisi, dimana terdapat tiga kategori kompetisi yakni Artificial Intelligence Track, Cloud Track, dan Network Track. Dilanjutkan dengan pembentukan tim yang beranggotakan tiga mahasiswa untuk masing-masing kategori pada hari Senin (25/10) untuk mengikuti National Round Huawei ICT Competition 2021.

Sebelum kompetisi resmi digelar, pelatihan tambahan diberikan oleh pihak penyelenggara yang menunjang kompetisi sesuai dengan kategorinya. Challenge untuk membuat object counting dengan use case pada steel manufactur diberikan kepada tim Hendri dan kawan-kawan selaku peserta di kategori Artificial Intelligence Track. Hendri dan kawan-kawan mengerjakan challenge tersebut menggunakan pre-trained Mask R-CNN untuk menghitung jumlah tulangan besi.

Dengan kekompakan dan kerja sama tim, kompetisi yang diselenggarakan pada hari Jumat hingga Minggu (29-30/10) berhasil membuahkan prestasi yang membanggakan. “Senang sekali karena mendapat pengalaman baru dan fasilitas untuk belajar AI langsung dari Huawei”, ujar Hendri Darmawan. Diharapkan dengan kemenangannya kali ini, dapat membakar semangat mereka untuk terus berkarya dan berprestasi sehingga dapat meraih hasil yang lebih baik di kemudian hari. (suc/tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian