Surabaya, pens.ac.id – Peresmian Konsorsium Kelas Internasional Perguruan Tinggi Vokasi usai dilaksanakan secara hybrid pada Kamis (4/10). Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) beserta jajaran perguruan tinggi vokasi lainnya turut menghadiri kegiatan tersebut. Disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, peresmian ini menjadi langkah awal dibukanya program kelas internasional pada perguruan tinggi vokasi.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan serangkaian agenda penyampaian kata sambutan. Sambutan masing-masing disampaikan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi yaitu Dr. Beny Bandanadjaya, ST.,MT. dan Koordinator Kelas Internasional Perguruan Tinggi Vokasi yakni Dr. Nurmala Elmin Simbolon. Agenda berikutnya yakni penandatanganan nota kesepakatan konsorsium oleh para direktur politeknik dan dekan sekolah vokasi seluruh Indonesia.

Peresmian konsorsium yang diadakan secara luar jaringan (luring) di Padma Resort Legian, Kuta, Bali ini dihadiri peserta terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terdapat tiga segmen dalam kegiatan ini, yaitu segmen peresmian, segmen online booth, dan segmen diskusi panel bersama narasumber. Total sebanyak 11 perguruan tinggi baik universitas maupun institut dari berbagai negara diantaranya Jepang, Inggris, Jerman, Tiongkok, Australia, Taiwan, dan Malaysia turut menjadi bagian dari kegiatan ini.

Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan program kerjasama vokasi internasional berupa kerja praktik, magang, dan pertukaran pelajar dapat mulai dijalankan pada tahun 2022. Direktur PENS, Aliridho Barakbah, S.Kom. Ph.D., berterimakasih dengan adanya kolaborasi tersebut dan berharap agar mahasiswa PENS dapat mengikuti berbagai program yang telah dirancang segera setelah pandemi berakhir. (rif/raf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian