Surabaya, pens.ac.id – Tetap berprestasi di tengah pandemi Covid-19, Tim Wasistha yang beranggotakan Thania Wahyu Anandita selaku mahasiswa D3 Multimedia Broadcasting dan Waridun Nafis selaku mahasiswa D3 Teknik Informatika, berhasil menyabet Juara 1 dalam kompetisi Workhsop Kepenulisan Esai Ilmiah 2021. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Subbidang LP3ME Universitas Negeri Malang (UM) ini dilaksanakan terhitung sejak Sabtu (9-23/10). Mengangkat tema “Optimalisasi Pemanfaatan Media Digital Guna Perbaikan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pembatasan Sosial”, seluruh rangkaian kegiatan dilangsungkan secara daring.

Dari keempat subtema yang diberikan pada kompetisi esai ini, Tim Wasistha memilih topik ekonomi kreatif. Dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan masyarakat saat berlangsungnya masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), keduanya sepakat menyoroti kondisi ekonomi Indonesia pasca pandemi, beserta solusi berupa program penanggulangan masalah tersebut di Indonesia. Segala persiapan telah dilakukan dengan matang oleh tim ini, sehingga bisa memaparkan hasil karyanya dengan baik pada saat sesi presentasi Sabtu (29/10).

Motivasi yang kuat dengan didukung oleh kekompakan kedua anggota tim menjadi faktor keberhasilan mereka dalam lomba ini. Walaupun PENS dikenal sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi, ternyata tidak menutup kemungkinan mahasiswanya dapat menekuni bidang lainnya, contohnya ekonomi. Prestasi mereka membuktikan bahwa mahasiswa PENS dapat memaksimalkan pengetahuannya di bidang lain tanpa dibekali dari kampus. “Motivasinya ingin mencoba mempelajari hal lain diluar perkuliahan, mangkanya ikut lomba esai ini,” ujar Waridun.

Tahap demi tahap telah dilalui hingga akhirnya masuk ke tahap final dan memperoleh juara. Kedua anggota tim mengaku sangat puas dan bersyukur karena bisa menjadi juara pertama dengan banyaknya pesaing yang mengikuti perlombaan ini. Dengan karya yang telah mereka buat, diharapkan dapat memacu pemuda-pemudi Indonesia andil dalam pemulihan ekonomi Indonesia. “Ada rasa sedikit tidak menduga karena yang lain saat presentasi juga banyak yang bagus, tapi alhamdulillah bangga dengan pencapaian ini,” pungkasnya. (her/tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian