Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bagian dari runtutan acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34, Webinar Kuliah Umum usai dihelat oleh Universitas Sumatera Utara (USU) pada Jumat (29/10). Bertajuk “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi Untuk Inovasi Dalam Bingkai Kearifan Lokal”, webinar ini mengundang Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI yaitu Dr. Nana Mulyana, M.Kes., selaku narasumber. Dimulai pukul 14.00 WIB, seluruh peserta mengikuti acara melalui Zoom Video Conference. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid dan ditayangkan live melalui akun YouTube USU Official Social Network dan Pusat Prestasi Nasional.

Kegiatan dibuka oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Berikutnya, MC memberikan kesempatan pada Dr. Edy Ikhsan S.H., M.A selaku Ketua Umum Panitia PIMNAS 34 untuk menyampaikan kata sambutan dan ungkapan terimakasih atas partisipasi narasumber, panitia, juri, dan para peserta. Pada pembukaan kegiatan ini turut diselenggarakan penyerahan cinderamata kepada narasumber yang diwakili oleh Ketua Umum Panitia PIMNAS 34.

Memasuki inti kegiatan, Wakil Dekan Bidang Kerja Sama Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Fakultas Kedokteran USU, Dr. Inke Nadia Diniyanti Lubis, M.Ked. Pediatri Spesialis Anak yang merupakan moderator pada kegiatan tersebut membuka sesi pemaparan materi. Menyampaikan materi mengenai mewujudkan sumber daya manusia berkualitas sebagai aset pembangunan menuju Indonesia Emas, Dr. Nana Mulyana, M.Kes., selaku narasumber memaparkan berbagai materi seperti membuka wawasan peserta mengenai kesempatan emas bonus demografi Indonesia tahun 2020-2035, membahas isu kesehatan merupakan salah satu penentu dalam SDM yang berkualitas, dan masih banyak lagi. “Dalam hidup ini, semua orang pasti memiliki target. Tidak ada orang sukses yang tidak memiliki target,” ujarnya.

Semangat dan antusias para peserta terlihat dari banyaknya yang berinisiatif untuk bertanya mengenai hal-hal yang ingin diketahuinya. Setelah sesi pertanyaan usai, kegiatan ditutup secara simbolis dengan adanya foto bersama. Diharapkan Webinar Kuliah Tamu kali ini dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan para peserta. (suc/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian