Surabaya, pens.ac.id – Pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 resmi dihelat pada Selasa (26/10), dengan dituan rumahi oleh Universitas Sumatera Utara (USU). Diselenggarakan secara hybrid, lima tim delegasi PENS mengikuti upacara pembukaan melalui Zoom Video Conference pada pukul 19.30 WIB. Turut ditayangkan secara langsung melalui akun YouTube KEMENDIKBUD RI dan USU Official Social, acara ini dilangsungkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Umum Panitia PIMNAS ke-34 yaitu Dr. Edy Ikhsan S.H., M.A. Berikutnya, Dr. Muryanto Amin, S. Sos., M. Si., selaku Rektor USU pun turut menyampaikan sambutan mengenai tema kali ini, yaitu “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi, Berinovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal”. Tarian tradisional dari Sumatera Utara yang ditarikan dengan eloknya yang khas juga menambah kemeriahan upacara. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, yaitu Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., juga menyajikan sambutannya.

Video sambutan oleh Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menjadi penutup atas sesi sambutan upacara kali ini. Diikuti oleh 735 tim dari 108 kampus negeri maupun swasta di Indonesia, PIMNAS 2021 pun resmi dibuka setelah agenda sambutan-sambutan telah usai disampaikan. Tari dan lagu daerah menjadi penutup upacara yang berjalan dengan lancar kali ini. Diharapkan hasil pelaksanaan final esok hari mendapatkan karya inovasi yang terbaik, sehingga dapat diimplemantasikan bagi kebutuhan masyarakat. (suc/raf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian