Surabaya, pens.ac.id – Delegasi PENS yakni Tim Soero Segoro pada Kamis (21/10), usai mengikuti pembukaan kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021. Berpusat di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui channel YouTube Universitas Muhammadiyah Malang. Pembukaan ini sekaligus sebagai pertanda bahwa ajang KKCTBN tahun ini resmi dibuka.

Opening Ceremony KKCBT kali ini diawali dengan pemaparan safety briefing mengenai prosedur keselamatan yang harus diterapkan selama berada dilokasi. Laporan Ketua Panitia KCTBN 2021 yakni Dr. Zamzami Septiropa, S.T., M.T., Ph.D. menjadi serangkaian lanjutan dari pembukaan kali ini dan dilanjutkan dengan Sambutan Pusat Prestasi Nasional oleh Rizal Alfian, S.Kom., MA. selaku Koordinator Pengembangan Prestasi DIKTI. “Kegiatan KKCTBN ini merupakan upaya menjaga kedaulatan NKRI agar tidak menggantungkan diri dari talenta dan alat pertahanan keamanan dari negara asing,” ujar Rizal.

Pembukaan Ajang bertaraf nasional ini dihadiri oleh para finalis yang terdiri dari 12 Perguruan Tinggi unggulan Indonesia. Terdapat 9 Tim yang berkompetisi dalam Kategori Desain Kapal Selam Autonomous dan Lomba Desain Kapan Patroli Lepas Pantai. Sedangkan pada kategori Lomba Desain Kapal Patroli Pantai diikuti oleh 10 Tim. Pada tiga kategori desain tersebut diikuti oleh peserta secara daring yang bisa disaksikan langsung melalui Live Streaming YouTube Universitas Muhammadiyah Malang.

Tim Soero Segoro yang merupakan delegasi PENS, berlaga pada Divisi Kapal Patroli Laut Lepas (Electric Remote Control/ERC) bersaing dengan 8 Tim lainnya. Dalam Divisi Kapal Selam (Autonomous Semi Submarine Surfance Vehicle/ASSV) dan Divisi Kapal Patroli (Fuel Engine Remote Control/FERC) masing-masing diikuti sebanyak 8 dan 9 Tim. Dengan adanya pembukaan KKCTBN ini, dapat memunculkan inovator-inovator baru dimasa depan di bidang pertahanan nasional yang mampu menjangkau dan bersaing dengan teknologi militer negara maju. (tan/fan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian