Surabaya, pens.ac.id – Tidak berhenti pada pencapaian sebelas gelar juara saat KRI Wilayah II beberapa waktu lalu, kini tim robotika kebanggaan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mengharumkan nama kampus dalam ajang bergengsi Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2021. Digelar selama tiga hari secara daring sejak Kamis (14-16/10), Universitas Gadjah Mada (UGM) berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan KRI tahun ini. Sebanyak lima tim robot bertanding mewakili PENS pada masing-masing kategori.

Setelah melalui berbagai rangkaian kegiatan, tim robot PENS berhasil bersaing melawan 58 perguruan tinggi yang dinyatakan lolos dalam babak KRI Wilayah. Terdapat 136 tim yang lolos pada tingkat Nasional ini, diantaranya 30 tim dalam divisi Kontes Robot Indonesia (KRSBI) Humanoid dan 22 tim dalam KRSBI Beroda. Selain itu, terdapat Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yang diikuti oleh 42 tim, 18 tim pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), serta 19 tim dari Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Perhelatan kompetisi Nasional secara daring ini tidak menghentikan tim Robot PENS untuk membawa pulang tujuh gelar penghargaan. Divisi KRSBI Humanoid yang diwakili oleh tim EROS ini berhasil memboyong empat gelar juara, yakni Juara 1 KRSBI Humanoid, Juara 1 KRSBI Humanoid Kategori Lomba Lari (LL), Juara 2 KRSBI Humanoid Kategori Lomba Menggiring Bola (LMB), serta Juara III KRSBI Humanoid Kategori Lomba Kerjasama Robot (LKR). Selanjutnya, tim ERSOW dan EILERO sukses menyabet Juara 3 pada masing-masing cabang kompetisi, yakni KRSBI Beroda dan KRSRI. Tim ERISA yang merupakan perwakilan untuk KRSTI berhasil memperoleh Juara 1.

Pengumuman kejuaraan KRI Nasional 2021 digelar pada Sabtu (16/10), dan turut disaksikan oleh Direktur PENS yakni Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D., beserta para dosen pembimbing di Hall Gedung D4 PENS. Dalam pertemuan tersebut, Direktur PENS tersebut berpesan untuk para anggota tim robot agar tetap semangat dan berterima kasih atas segala perjuangan yang telah dicurahkan. “Untuk kedepannya, saya berharap tim robot akan terus berinovasi dan merangkul generasi baru yang ada di PENS untuk bekerja sama dalam tim ini,” ungkapnya. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian