Surabaya, pens.ac.id – Program Studi Multimedia Broadcasting (MMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyenggelarakan webinar Produksi Video Jurnalistik secara daring melalui Zoom Video Conference pada Sabtu (16/10). Bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cinemascope, webinar tersebut termasuk dalam serangkaian acara MMB Movie Competition (MMC) 2021. Mengangkat tema “Sinergi Muda untuk Bumi Pertiwi”, webinar ini mengundang dua pembicara yaitu Muhammad Walid, S.T., selaku Kepala Biro CNN Surabaya dan Kang Abay yang merupakan CEO serta Founder Teladan Cinema.

Pada kesempatan kali ini, Ikhsan Ramadhoni dan Aurent Savila bertugas menjadi master of ceremony (MC). Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala DTMK yaitu Kholid Fathoni, S.Kom., M.T., dan sambutan dari Kaprodi MMB yakni Dr. Muhammad Agus Zainuddin, S.T., M.T. Dilanjutkan dengan sambutan yang terakhir oleh Novita Astin, S.ST., M.T., selaku Ketua Pelaksana MMC 2021.

Muhammad Walid sebagai narasumber pertama membuka sesi materi dengan menceritakan pengalaman menjadi seorang jurnalis media nasional. Dengan memberikan materi tentang soft news, materi tahapan proses produksi video berita, dan menampilkan beberapa video soft news milik CNN di YouTube, Walid menegaskan bahwa kreativitas dalam membuat konten tidak memiliki batasan. Namun, konten tersebut harus menyesuaikan dengan undang-undang yang berlaku di negara hukum ini. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan materi menulis skenario film pendek yang disajikan oleh narasumber kedua, yaitu Kang Abay.

Kang Abay memulai materi dengan berbagi kisah perjalanan karirnya menekuni hobi dalam industri film dan bisnis. Usaha yang tidak sia-sia, dibuktikan dengan kesuksesan besar dari buku dan film karyanya serta berhasil mendirikan perusahaan. Dijelaskan pula mengenai cara menulis naskah skenario film, penulisan judul dan premis yang tepat, hingga hal-hal yang harus diperhatikan dalam produksi film. Kang Abay menutup sesi materi kedua dengan menayangkan film pendek produksinya yang bertajuk “Belum Mapan”.

Pada akhir sesi masing-masing materi terdapat sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh peserta webinar. Acara dilanjutkan dengan game tebak gambar berhadiah voucher pulsa yang dipandu oleh kedua MC. Para peserta aktif menjawab tebak-tebakan hingga diperoleh empat peserta dengan poin tertinggi yang mendapatkan hadiah. Webinar yang terbuka untuk umum ini diharapkan bisa meningkatnya wawasan para peserta dalam bidang produksi video jurnalistik dan pembuatan film pendek. (rif/irf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian