Surabaya, pens.ac.id – Kuliah tamu pengenalan implementasi machine learning dalam bisnis oleh Program Studi Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai dihelat pada Sabtu (9/10). Bertajuk “Machine Learning Implementation in Business”, kegiatan ini turut menghadirkan CEO PT. Sinergi Dimensi Informatika, yaitu Willy Achmat Fauzi, S.ST., M.T. Dilaksanakan secara daring melalui Zoom video conference, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan disiarkan secara langsung di YouTube PENS TV.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator, kali ini yang bertugas sebagai moderator webinar adalah Entin Martiana Kusumaningtyas, S.Kom., M.Kom. selaku Dosen Prodi Teknik Informatika. Turut hadir pula Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika yakni Ahmad Syauqi Ahsan, S.Kom., M.T. yang membuka acara dengan sambutan. Syauqi mengatakan bahwa teknologi machine learning kini tidak hanya dapat dipelajari di dunia akademik, akan tetapi sudah banyak diterapkan di dunia industri. Syauqi kemudian berpesan kepada para mahasiswa yang hadir untuk tidak melupakan almamater bila sudah lulus nanti. “Jadilah alumni yang aktif berkontribusi untuk kampus seperti narasumber acara yang notabene seorang alumni PENS,” ujar Syauqi.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi implementasi machine learning dalam bisnis oleh narasumber. Dalam materinya, Willy mengenalkan berbagai tipe konsep machine learning dan cara kerja dari masing-masing sistem. Contoh penerapan machine learning yang populer adalah  program Artificial Intelligence (AI) Google bernama DeepMind yang mengalahkan Juara Dunia Go Game pada 2019 lalu. Narasumber kemudian melanjutkan materi dengan berbagai contoh produk AI, cloud computing, ragam perusahaan AI di Indonesia, serta tools dan platform yang harus dipelajari untuk menguasai machine learning.

Sesi tanya jawab dilakukan pada tiap akhir pembahasan sub topik materi. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen tampak antusias untuk memberikan pertanyaaan. Beberapa kali narasumber memberikan demo untuk menjawab pertanyaan peserta agar dapat lebih mudah untuk dipahami. Pada akhir materi, Willy memberikan rekomendasi kanal YouTube untuk mempelajari machine learning. Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan para peserta yang hadir khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Informatika tertarik untuk mempelajari machine learning lebih lanjut dan menjadi bekal untuk menjejaki dunia industri dalam bidang AI. (rif/raf)