Surabaya, pens.ac.id –  Guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan film dokumenter, webinar bertajuk Storytelling for Documentary usai dilaksanakan pada Sabtu (2/10). Diselenggarakan secara daring oleh Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia (TRM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) melalui Zoom video conference, acara ini berjalan dengan lancar dan dipenuhi antusias peserta. IGP Wiranegara selaku Dosen Institut Kesenian Jakarta dan sutradara film dokumenter hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan dibuka oleh moderator yaitu Martianda Erste Anggraeni, S.ST. MT. yang sekaligus merupakan salah satu dosen Prodi Teknologi Multimedia Broadcasting. Selain itu turut hadir pula Dr.-Ing. Hestiasari Rante, S.T. selaku Kaprodi TRM untuk memberikan sambutan. Hesti mengungkapkan bahwa webinar ini merupakan webinar pertama yang diselenggarakan oleh prodi TRM. Selain untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan film dokumenter, webinar ini juga bertujuan untuk menguatkan pondasi mahasiswa dalam pembuatan storytelling sebuah film dan produk multimedia lainnya. Setelah itu acara resmi dibuka oleh Kholid Fathoni, S.Kom, MT. selaku Kepala Departemen Multimedia Kreatif (DTMK) PENS.

Pada sesi awal materi, narasumber bercerita mengenai pengalaman, perjalanan karir, dan pencapaian yang sudah didapatkan dalam penghargaan film nasional. Narasumber kemudian menjabarkan berbagai aspek dalam pembuatan film dokumenter yakni cara menemukan ide film, tahapan riset dan data riset yang dibutuhkan, serta hal-hal penting yang harus ada di dalam film dokumenter. IGP Wiranegara sesekali menyelipkan pemaparan tentang ilmu videografi yang dimilikinya dalam proses shooting film.

Antusiasme peserta webinar kali ini benar-benar luar biasa, sebab para peserta sangat aktif memberikan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Namun keterbatasan waktu acara membuat beberapa pertanyaan peserta tak sempat terjawab. Dengan berakhirnya acara ini diharapkan para peserta dapat memahami proses pembuatan film dokumenter dan mengimplementasikan ilmu tersebut dalam pembuatan storytelling berbagai produk multimedia. (rif/tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian