Surabaya, pens.ac.id – Agenda rutin International Electronics Symposium (IES) kembali digelar oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Berlangsung selama dua hari (29-30/9), kegiatan kali ini digelar secara luring yang bertempat di Hotel Sheraton, Surabaya, dan secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-23, IES 2021 menghadirkan lima keynote speaker yang terdiri dari satu pembicara asal Jepang dan Jerman serta tiga pemateri dari Indonesia.

Pembukaan kegiatan digelar pada Rabu (29/9), yang diawali dengan penampilan Tari Sparkling Surabaya oleh UKM Tari PENS dan melantunkan lagu Indonesia Raya oleh para peserta. Selanjutnya, terdapat penyampaian laporan kegiatan oleh Moch. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku General Chair of IES 2021 dan penyampaian kata sambutan oleh Dr. Ing. Wahyudi Hasbi yang merupakan Chairman IEEE Indonesia Section. Direktur PENS yakni Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. turut memberikan kata sambutan dan membuka kegiatan secara simbolis dengan pemukulan gong. “Harapan saya semoga kedepannya IES bisa melakukan kolaborasi dengan lebih banyak industri agar bisa melakukan link and match sesuai dengan konsep Merdeka Belajar,” tutur General Chair of IES 2021.

Selama dua hari pelaksanaan kegiatan, rangkaian inti kegiatan terdiri dari pemaparan materi oleh keynote speaker dan workshop yang diikuti oleh para peserta. Penjelasan materi pada hari pertama dilakukan oleh Prof. Minoru Okada dari Nara Institute of Science and Technology Japan, Dr. Ir. Titon Dutono, M.Eng yang merupakan dosen PENS, dan Bayu Hanantasena selaku Chief Business Officer Indosat Ooredo. Pembicara utama pada Kamis (30/9), terdiri dari Prof. Dr.-Ing Ulrich Ruckert dari Biefeld University Germany, dan Dr. Denny Setiawan, ST. MT selaku Deputy Director General for Spectrum Policy and Planning. Lima keynote speaker tersebut membawakan berbagai topik menarik sesuai tema IES 2021 yakni “Wireless Technologies and Intelligent Systems for Better Human Lives”.

Adapun kegiatan workshop dan presentasi paper peserta yang terbagi menjadi delapan sesi parallel. Sebanyak 116 paper yang lolos pada tahap ini, diantaranya 69 paper kategori IES Engineering Technology and Applications (IES ETA) dan 47 paper untuk kategori IES Knowledge Creation and Intelligent Computing (IES KCIC). Setelah seluruh tahap presentasi usai, di penghujung kegiatan hari kedua terdapat pemberian penghargaan Best Paper Award masing-masing kategori dan penyampaian pidato oleh Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. sebagai penutup kegiatan IES 2021. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian