Surabaya, pens.ac.id – Guna meningkatkan kerjasama dan memperluas kolaborasi, Ketua Umum Asosiasi Internet of Things (ASIOTI), Teguh Prasetya, M.T, dan Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yakni Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Bersamaan dengan penyelenggaraan International Electronics Symposium (IES) 2021 pada Rabu (29/9), kegiatan ini diselenggarakan secara luring yang bertempat di Hotel Sheraton, Surabaya. Diharapkan dengan adanya kerjasama tersebut, PENS dapat mendukung langkah ASIOTI untuk mempersiapkan masyarakat Indonesia yang kompeten di bidang Internet of Things (IoT).

ASIOTI merupakan sebuah asosiasi yang bergerak di bidang industri IoT dan memiliki beberapa kegiatan seperti melakukan sosialisasi, edukasi, standarisasi dan memperluas kolaborasi. Dalam kesempatan kali ini, asosiasi tersebut menjalin kerjasama dengan PENS yang tidak hanya bertujuan mengembangkan internet of things dalam bidang pendidikan, tetapi juga pada human resource. Adapun nota kesepahaman yang disepakati oleh kedua pihak yakni mengenai Pengembangan Sumber Daya, Inovasi, dan Alih Teknologi. “Kami ingin seluruh masyarakat, terutama mahasiswa dan siswa untuk bisa mempunyai kompetensi yang cukup di bidang tersebut,” ungkap Ketua Umum ASIOTI.

Sebagai ciri khas politeknik dalam menjalankan pendidikan vokasi, terdapat amanah yang harus dijalankan yakni meningkatkan kerjasama dengan berbagai industri. Sejalan dengan amanah tersebut, Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. berharap melalui penandatanganan MoU ini dapat mengembangkan kurikulum dan sumber daya manusia sedekat mungkin dengan kondisi riil di masyarakat. “Diharapkan dengan mengadakan perjanjian dengan ASIOTI, para mahasiswa dan dosen juga sebisa mungkin mendapatkan informasi ter-update mengenai IoT di Indonesia maupun luar negeri,” pungkasnya. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian