Surabaya, pens.ac.id – Akhir rangkaian kegiatan Kontes Robot Indonesia (KRI) Wilayah II tahun 2021 pada Selasa (28/9) memberikan hasil memuaskan bagi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sebanyak 11 kategori juara KRI Wilayah II tahun ini berhasil direbut oleh Kampus Tradisi Juara. Pelaksanaan penutupan secara daring melalui YouTube UGM disaksikan oleh seluruh tim robot PENS pada Hall Gedung D4 PENS.

Ajang ini diikuti oleh 53 Perguruan Tinggi dan 138 Tim yang ada pada KRI Wilayah II. Pada Kontes Robot ABU Indonesia terdapat 23 tim, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid berjumlah sembilan tim, sedangkan pada KRSBI Beroda diikuti oleh 27 tim yang berhak bertanding. Untuk Kontes Robot Seni Tari Indonesia diikuti sebanyak 18 tim, Kontes Robot SAR Indonesia diikuti 42 tim, dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) diikuti oleh 19 tim.

Tim robot PENS telah memberikan performa terbaik dalam KRI tingkat Wilayah II, terbukti dengan raihan yang didapat oleh masing-masing kategori. Dalam Divisi KRAI, tim KoPENS berhasil mendapatkan Juara Tiga sekaligus desain terbaik, untuk Divisi KRSBI Humanoid yakni tim EROS meraih Juara Tiga keseluruhan dengan rincian Juara Tiga pada kategori Lomba Lari (LL), Juara Dua pada kategori Lomba Menggiring Bola (LMB), dan Juara Dua pada kategori Lomba Kerjasama Robot (LKR). Dalam divisi KRSBI-Beroda yang diwakili oleh tim ERSOW berhasil mendapatkan Juara Pertama dan Desain Terbaik.

Pada divisi KRSTI, tim ERISA dapatkan Juara Tiga dan untuk divisi KRSRI yang diwakili oleh tim EILERO berhasil babat habis Juara Pertama sekaligus Desain Terbaik. Perjuangan dari tim PENS dalam mengikuti KRI Wilayah II bukan merupakan akhir, masih terdapat ajang KRI Nasional yang harus diikuti oleh tim pilihan juri pada Oktober mendatang. “Perjuangan yang luar biasa bagi tim robot PENS, yang terus memberanikan diri menempuh resiko dalam keadaan pandemi saat ini,” ujar Dr. Tri Budi Santoso, S.T., M.T. Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Sumber Daya Manusia PENS. (ENT Crews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian