Surabaya, pens.ac.id – Ditengah perkembangan teknologi, berbagai sektor berupaya untuk melakukan pengoptimalan, salah satunya pada bidang kelautan dan perikanan. Dalam menyikapi hal tersebut, Departemen Teknik Informatika dan Komputer (DTIK) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar webinar yang bertajuk “Teknologi Informasi dan Radar Untuk Mendukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Indonesia” pada Rabu (22/9). Dengan menghadirkan Romy Ardianto, M.Sc. selaku Chief Ops Radar Ground Station, Balai Riset dan Observasi (BROI), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), webinar ini diselenggarakan secara online melalui Zoom Video Conference dan disiarkan langsung melalui YouTube PENS TV.

Kegiatan dibuka oleh moderator, pada kesempatan kali ini adalah Andhik Ampuh Yunanto, M.Kom yang merupakan salah satu dosen DTIK. Selain itu turut hadir pula M. Udin Harun Al Rasyid, Ph.D selaku Kepala DTIK untuk memberikan sambutan. Udin mengungkapkan bahwa adanya webinar kali ini sebagai bentuk dukungan kepada para mahasiswa agar senantiasa mampu berinovasi untuk memberikan sumbangsih bagi negara, utamanya berhubungan dengan bidang kelautan dan perikanan.

Pada awal materi, narasumber menceritakan mengenai pengalaman, prestasi, serta pencapaian yang sudah didapatkan hingga tingkat internasional. Romy Ardianto, M.Sc kemudian menjabarkan perihal profesi yang ditekuninya saat ini yakni pada Balai Riset dan Observasi (BROI). Pada akhir sesi pemaparan, dijelaskan pula mengenai pentingnya bidang ilmu Sains Data baik dalam riset maupun industri.

Antusiasme peserta webinar kali ini bukan hanya dari mahasiswa, namun beberapa dosen juga memberikan pertanyaan pada saat sesi tanya jawab. Pertanyaan yang muncul dari para peserta sehubungan dengan kiat-kiat agar dapat mengikuti jejak narasumber untuk berkiprah dalam riset dan inovasi pada bidang kelautan dan perikanan. Tentu dengan berakhirnya webinar kali ini diharapkan peserta dapat tergugah untuk lebih semangat dalam menekuni bidang perkuliahan yang mereka jalani.(tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian