Surabaya, pens.ac.id – Peninjauan enam tim robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada hari Jumat (17/9), berlangsung dengan lancar. Dilaksanakan di Gedung D4 dan Laboratorium Robot PENS, peninjauan ini dilakukan langsung oleh Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan menuju Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Regional serta mempersiapkan diri apabila lolos pada tingkat Nasional. Meski sempat terjeda karena adanya PPKM, tim robot PENS telah melakukan persiapan yang terbaik selama kurang lebih lima bulan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB di Laboratorium Robot PENS, yang mana melakukan peninjauan terhadap tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan tim KRSBI Humanoid terlebih dahulu. Selanjutnya, terdapat pemantauan empat kontestan robot yang dilaksanakan di Gedung D4, diantaranya tim Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sar Indonesia (KRSI). Seluruh kontestan robot PENS tampak berusaha memberikan hasil yang terbaik selama kegiatan tersebut berlangsung. “Tim kami cukup grogi karena sempat terjadi beberapa kendala teknis saat peninjauan, tetapi Alhamdulillah bisa teratasi,” tutur Feronica Shera Nevada yang merupakan salah satu anggota tim KRTMI.

Setelah melakukan uji coba pada masing-masing robot selama satu sesi, Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. memberi arahan, pesan, dan semangat kepada setiap tim. Diharapkan dengan adanya pengarahan langsung dari Direktur PENS dapat memotivasi setiap tim untuk mengerahkan seluruh usaha yang terbaik dan menyabet juara hingga tingkat Nasional. “Tetap semangat dalam waktu beberapa hari ini, lakukan yang terbaik, semoga dapat juara sehingga kampus PENS dapat meneruskan tradisinya, yaitu sebagai Kampus Tradisi Juara,” tuturnya. (suc/ten)

wpChatIcon
EnglishIndonesian