Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka melakukan agenda tahunan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (Dirjen Diksi), Kemendikbud Ristek sukses helat Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2). Diadakannya kegiatan ini merupakan tahapan untuk menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang ke-34. Dilaksanakan selama tiga hari, kegiatan yang dimulai sejak Kamis (16/9), ini diikuti sebanyak 24 tim PKM PENS yang lolos pendanaan.

Kegiatan yang dulunya dikenal dengan Monitoring dan Evaluasi Eksternal (Monev Eksternal) ini, kembali dilaksanakan secara daring mulai tahun lalu, dan ditangani sepenuhnya oleh Dirjen Diksi. Selain peserta, terdapat dua tim reviewer dari Kemenristekdikti yang bertugas untuk menilai dan mengevaluasi kembali hasil karya tim mahasiswa yang telah ditampilkan. Terbagi dalam beberapa kloter, 24 tim PKM PENS menyesuaikan mainroom, breakroom, dan urutan dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan dibuka pada hari pertama (16/9), langsung diikuti oleh 12 tim PENS yang terdiri dari 2 tim PKM-K dan 10 tim PKM-KI, dilanjut pada hari Jum’at (17/9), diikuti oleh 7 tim PKM-KC, tim PKM-RE, 3 tim PKM-GFK, dan diakhiri pada hari Senin (20/9),  yang diikuti oleh tim PKM-PI. Masing-masing tim diberi waktu 24 menit yang terdiri dari 4 menit persiapan, 10 menit untuk memaparkan presentasi oleh mahasiswa, dan sesi tanya jawab dengan tim reviewer dengan durasi waktu 10 menit. “Untuk pelaksanaan kegiatan masih tetap sama dengan Monev Eksternal, namun karena pelaksanaannya masih daring, sehingga tidak ditentukan kampus yang dijadikan host sebagai tempat pelaksana kegiatan ini,” tutur Ida Anisah, SST., MT. Selaku UPT Pembinaan Penalaran PENS.

Persiapan yang sangat matang mulai dari mempersiapkan workshop, penulisan laporan kemajuan, juga Monev Internal yang telah di review oleh Dosen pembina PKM PENS ini memberikan hasil yang memuaskan. Seluruh tim berhasil mengikuti rangkaian kegiatan dan telah mempresentasikan hasil karya inovasi masing-masing tanpa adanya kendala. “Diharapkan dari kegiatan PKP2 ini 24 tim PKM PENS banyak yang bisa lolos hingga PIMNAS ke-34 serta bisa menjuarainya,” pungkas Asahali selaku penanggungjawab dari BEM PENS. (her/tan)

wpChatIcon
EnglishIndonesian