Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka menuju pembelajaran tatap muka (PTM) sekaligus mewujudkan herd immunity dalam masyarakat, PENS bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya usai menghelat Vaksinasi Covid-19. Kegiatan ini berlokasi di Kampus PENS pada Kamis (16/9), dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebanyak 2000 dosis Vaksin Astra Zeneca disiapkan untuk para dosen, mahasiswa, karyawan, alumni, keluarga, maupun masyarakat umum yang berada di sekitar PENS.

Peserta vaksinasi yang datang diarahkan langsung menuju ke tempat registrasi oleh panitia. Setelah itu peserta akan melakukan screening terkait kondisi kesehatan yang ada dan dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada peserta. Sejumlah 1298 pendaftar telah melakukan pendaftaran secara online melalui website yang telah disiapkan. Dosis lain yang tersisa akan diberikan kepada pendaftar yang datang secara langsung dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Keinginan direktur PENS yaitu Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. agar seluruh sivitas akademika PENS terhindar dari paparan virus korona ditunjukan dengan adanya kegiatan ini. Dalam kondisi aman tervaksinasi, tidak perlu khawatir lagi dengan adanya siklus pandemi yang cenderung tidak menentu. Dalam tiga bulan kedepan, akan dilaksanakan kerjasama kembali pada pemberian vaksin dosis kedua. “Tiga bulan mendatang, akan dilaksanakan lagi dosis kedua dan akan ada dosis satu sekaligus menunggu dari mahasiswa yang masih ada di luar daerah Surabaya agar bisa mengikuti vaksinasi,” ujar Aliridho.

Kegiatan vaksinasi kali ini berjalan dengan lancar dan tertib tanpa adanya halangan yang berarti. Diharapkan warga kota Surabaya yang telah divaksinasi bisa mewujudkan herd immunity atau kekebalan secara menyeluruh di masyarakat. Tidak hanya itu dengan adanya vaksinasi ini juga akan mewujudkan akhir dari pandemi Covid-19 sehingga seluruh kegiatan bisa dilakukan secara normal kembali. (irf)