Surabaya, pens.ac.id – Guna memberi informasi mengenai tata cara pembuatan karya tulis ilmiah, Program Studi Teknik Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat Webinar Karya Tulis Ilmiah bertajuk “Optimalisasi Pembuatan Karya Tulis Ilmiah yang Kreatif di Masa Pandemi Covid-19”. Berlangsung secara daring melalui Zoom Video Conference pada Minggu (12/9), kegiatan ini mengundang Ramadhanti Firmaningsih, S.I.P selaku Knowledge Manager Creative Hub Fisipol UGM sebagai pemateri. Webinar yang dimulai sejak pukul 09.50 WIB tersebut terbuka untuk umum.

Terdapat penyampaian kata sambutan oleh Kepala Program Studi Teknik Komputer yakni Riyanto Sigit, ST, M.Kom, Ph.D. Dalam pemaparannya, Riyanto Sigit berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa-mahasiswi yang hadir pada webinar tersebut. “Biasanya mahasiswa ini memiliki banyak ide, tapi sulit mengungkapkan. Harapannya dengan webinar seperti ini, mahasiswa menjadi lebih bisa menyampaikan ide-idenya dalam bentuk tulisan,” ujarnya.

Selanjutnya yakni pemaparan materi mengenai pembuatan karya tulis ilmiah oleh Ramadhanti Firmaningsih, S.I.P. Berbagai topik yang dibahas oleh pemateri dimulai dari proses menulis, hingga pantangan-pantangan dalam membuat karya tulis ilmiah. Narasumber yang kerap disapa Ramadhanti ini turut memberikan tips dan trik serta membagikan pengalamannya selama membuat karya tulis ilmiah. “Kita bisa mencari banyak hal untuk dijadikan motivasi dalam menulis dan pikirkan juga apa yang terjadi kedepannya jika kita malas,” ungkap Ramadhanti.

Setelah penjelasan materi serta sharing session selama 60 menit, Maulina Salsabila selaku Master of Ceremony pada kegiatan webinar ini membuka sesi tanya jawab. Pada sesi ini, para peserta tampak antusias yang mana dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan. Sebagai penutup kegiatan, terdapat sesi foto bersama yang dilakukan bersama narasumber dan peserta. Diharapkan dengan adanya kegiatan webinar ini dapat memberikan informasi dan motivasi para peserta dalam menciptakan karya tulis ilmiah. (ten)