Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bekerjasama dengan Trakindo usai menghelat kuliah umum tamu bertajuk “Prospek dan Masa Depan Pendidikan Teknologi di Indonesia pada Era Disrupsi Industri 4.0”. Kegiatan dalam rangka Trakindo Goes to Campus ini menghadirkan tiga narasumber yakni Candy Sihombing selaku Corporate Communication and  Corporate Citizenship (CSR) Manager Trakindo, Fajar Nur Hendri Winarko sebagai Instructor Technology Trakindo Tembagapura, dan Ketua Program Pascasarjana Terapan PENS, Dr. Bima Sena Bayu Dewantara, S.ST., MT. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (11/9) secara daring melalui Zoom Video Conference.

Kegiatan yang menjadi inisialisasi kolaborasi PENS dengan Trakindo ini dimulai pada pukul 10.00 WIB oleh master of ceremony. Amang Sudarsono, S.T., Ph.D selaku Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Teknologi turut memberikan sambutan dalam kegiatan ini. Amang yakin dengan adanya kegiatan inisialisasi ini mahasiswa pasti bisa untuk berkontribusi dan bersaing dengan baik terutama dalam dunia alat berat oleh Trakindo. “Mahasiswa pasti bisa berkontribusi dengan baik di dunia alat berat ini,” ujar Amang.

Kegiatan selanjutnya yakni pemaparan materi kuliah tamu oleh Candy yang menjelaskan mengenai sejarah Trakindo, pengenalan beberapa alat yang ada di Trakindo, hingga empat pilar yang ada dalam Corporate Citizenship (CSR) Trakindo. Empat pilar tersebut yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan bantuan kemanusiaan. Dalam hal tersebut, Trakindo berfokus pada pilar pendidikan seperti contohnya kegiatan Trakindo Goes to Campus ini. Tidak hanya itu Candy juga menjelaskan mengenai masa depan operasional alat berat dan pengalamannya selama di Trakindo. 

Implementasi teknologi di dunia kerja menjadi materi yang kedua dipaparkan oleh Fajar. Dalam hal ini, Fajar menjelaskan mengenai CAT Minestar yang merupakan sistem manajemen terintegrasi dalam industri tambang. CAT Minestar terdiri dari lima sistem yaitu minestar terrain, minestar detect, minestar health, minestar fleet, dan minestar command. Sebagai observer dalam kegiatan ini, Bima Sena yakni Kepala Program Pascasarjana PENS memberikan apresiasi kepada kedua narasumber yang berbagi pengalaman dan materinya sehingga nantinya akan membuka peluang bagi mahasiswa PENS untuk berkontribusi dan berguna dalam dunia industri secara langsung. (irf/raf)