Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berkolaborasi dengan Binar Academy usai melaksanakan webinar UI/UX Implementation melalui Zoom Video Conference dan disiarkan melalui YouTube HIMIT PENS. Kegiatan ini turut menghadirkan Product Designer Binar Academy (UX) yaitu Vinda Zheilla Hardikusuma dan Ardi Winata selaku Instructional Designer Binar Academy (UI). Berlangsung pada Sabtu (4/9), kegiatan ini bertajuk “How to Evaluate UI UX Design and Create A Portfolio According to Company Standards” dan terbuka untuk umum.

Webinar dibuka oleh MC yakni Putri Ayu Nisa Az-Zahra dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer PENS yakni M. Udin Harun Al Rasyid, S.Kom., Ph.D. Kepala DTIK tersebut berterima kasih atas kehadiran narasumber dan berharap pengalaman berharga yang dimiliki narasumber bisa dibagikan kepada para peserta agar bersemangat untuk kedepannya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua HIMIT yakni Dani Hermawan, Nur Rosyid Mubtada’i, S.Kom., MT. selaku Kaprodi D3 Teknik Informatika dan Ahmad Syauqi Ahsan, S.Kom., M.T sebagai Kaprodi D4 Teknik Informatika. 

Perwakilan Binar Academy yakni Ashifa Zanethya juga turut memberikan sambutan dan berharap agar webinar kali ini bisa memberikan ilmu yang baru dan menambah keahlian digital para peserta. Materi pertama yang dibawakan oleh Vinda menjelaskan mengenai design process, komponen utama dalam evaluasi desain hingga tools untuk mengevaluasi sebuah desain seperti design critics, heuristic evaluation, concept testing, usability testing hingga A/B testing. “Itu semua hanyalah tools untuk desainer, setiap tools harus kita sesuaikan dengan kondisi atau keadaan yang ada,” ujar Product Designer Binar Academy tersebut.

Pemaparan selanjutnya mengenai case study oleh Ardi Winata menjelaskan tentang penyelesaian sebuah masalah. Hal yang perlu diperhatikan yaitu mulai dari memahami brief, problem, mapping journey, concept prototype, validate concept and summary, ideation ideal journey, explore UI, hingga design grooming and critics. Materi yang ketiga mengenai portfolio making tips dijelaskan oleh Vinda mulai dari definisi portofolio, hal yang dilihat dari portfolio applicant, hingga cara menyusun struktur portofolio. Kegiatan ditutup dengan sesi game yang memberikan reward kepada pemenang berupa voucer Binar Academy dan beberapa doorprize. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesenjangan antara lulusan dan industri tidak terlalu jauh sehingga selaras dengan kebutuhan industri. (irf/msa)