Surabaya, pens.ac.id – Departemen Teknik Informatika dan Komputer (DTIK) usai menyelenggarakan webinar dengan menghadirkan salah satu Guru Besar dari Universitas King Abdulaziz, Saudi Arabia yakni Prof. Ahmad Hoirul Basari. Kegiatan yang bertajuk “Research and Teaching Life at King Abdulaziz University, Rabigh, Makkah, Saudi Arabia an Insight Toward Future og Computing Research: AI, Computer Vision, Robotics and Augmented Reality” ini, berlangsung pada Rabu (1/9). Selain melalui Zoom Video Conference, webinar juga disiarkan langsung pada kanal YouTube PENS TV.

Kepala DTIK, M. Udin Harun Al Rasyid,Ph.D turut hadir pada kesempatan kali ini pada saat sesi pembukaan, sekaligus memberikan sambutan kepada narasumber dan para peserta yang hadir pada webinar. Kegiatan kemudian dilanjutkan langsung dengan pemaparan materi oleh narasumber yang dimulai dengan informasi mengenai Universitas King Abdulaziz. Selain itu, sesuai dengan topik webinar kali ini Prof. Ahmad Hoirul juga menjelaskan mengenai Artificial Intelligence dari konsep awalnya hingga penerapannya, termasuk juga menjelaskan mengenai Computer Vision.

Ketertarikan peserta webinar kali ini dapat ditunjukkan melalui antusiasme pada akhir kegiatan yakni pada saat sesi tanya jawab. Ragam pertanyaan dilontarkan kepada narasumber baik mengenai materi yang disampaikan maupun informasi mengenai Universitas King Abdulaziz. Sesi kemudian ditutup dengan foto bersama secara virtual yang diikuti oleh para partisipan yang hadir pada Zoom Video Conference.

Bagi DTIK diharapkan rangkaian kegiatan tidak berhenti sampai saat ini saja, namun baik Prof. Ahmad Hoirul Basori maupun Universitas King Abdulaziz dapat terus bekerjasama dengan PENS dalam berbagai kegiatan. Baik departemen maupun secara umum adalah PENS diharapkan pula mampu menerapkan informasi yang didapatkan selama webinar untuk inovasi bagi kampus nantinya. Berakhirnya webinar kali ini tentu sebagai salah satu langkah baru bagi PENS dalam berjejaring secara Internasional. (tan/kik)