Surabaya, pens.ac.id – Guna memberikan pengetahuan mengenai strategi interview pekerjaan dan beasiswa, PENS International Cooperation Office (PICO) usai menggelar Sharing Session pada Sabtu (28/8). Dengan bertajuk “Successful Interview Strategy for Job and Scholarship”, kegiatan ini diselenggarakan melalui Zoom Video Conference dan disiarkan langsung melalui YouTube PICO PENS. Terdapat dua narasumber dalam kegiatan ini yakni Muhammad Farras Bani Zain selaku COO & Co-Founder DamoGo dan Olivia Putri Rosmala yang merupakan Talent Acquisition AccelByte Inc.

Head of PICO yakni Iwan Syarif, S.Kom., M.Kom., M.Sc., Ph.D. membuka secara resmi kegiatan ini melalui sambutannya. Iwan berterima kasih terhadap narasumber yang hadir dan volunteer PICO yang telah berhasil menyelenggarakan Sharing Session kali ini dengan lancar. Tidak hanya itu, Iwan berharap kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat bagi kedepannya. “Serangkaian kegiatan mahasiswa dan alumni PENS ini semoga bisa membuat tertarik untuk belajar di luar negeri serta memberi banyak manfaat bagi kita semua,” ujar Iwan Syarif. 

Dilanjutkan oleh Muhammad Farras yang memberikan pengetahuan mengenai beasiswa Korean Government Scholarship Program. Awalnya, Farras bercerita mulai dari latar belakang pendidikan dan pencapaian sebelum kuliah hingga kehidupan setelah menempuh pendidikan di Korea. Tips dan trik juga diberikan kepada seluruh peserta yang hadir agar nantinya memiliki pandangan sebelum mendaftar scholarship tersebut. 

Terdapat dua track yang bisa dilalui dalam mendapatkan scholarship ini yakni embassy track dan juga university track. Perbedaan dalam keduanya terdapat pada pemilihan universitas, dimana dalam embassy track bisa mendaftarkan satu jurusan yang sama dalam tiga kampus sekaligus, sedangkan university track hanya bisa mendaftar melalui kampus yang dituju. Selain itu, Iwan juga memaparkan mengenai syarat-syarat yang harus dipersiapkan hingga manfaat yang didapat dari beasiswa. 

Materi selanjutnya dipaparkan oleh Olivia Putri mengenai cara mengamankan pekerjaan yang diincar setelah lulus kuliah. Narasumber yang akrab disapa Olla ini menjelaskan mengenai aturan yang harus dan tidak boleh dilakukan saat interview, hal-hal yang sering ditanyakan oleh perekrut hingga cara untuk memberikan impresi yang baik kepada perekrut. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang dibacakan oleh moderator. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa yang sedang berproses dalam masa kuliah bisa menikmati perjalanan yang ada dan mempersiapkan sebaik mungkin untuk masa depan. (irf/raf)

wpChatIcon
EnglishIndonesian