Surabaya, pens.ac.id – Kuliah tamu usai digelar oleh Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (HIMA TELKOM) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Sabtu (28/8). Kegiatan kali ini memberikan informasi mengenai sertifikasi Huawei dan berbagai informasi mengenai Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT).  Menghadirkan Rayi Pradono Iswara, M.Sc. selaku ICT Talent Ecosystem Development Manager Huawei Indonesia, kegiatan ini dibuka untuk umum dan dihelat secara virtual melalui Zoom Video Conference.

Serangkaian kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB oleh master of ceremony.  Dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Rahardhita Widyatra Sudibyo S.ST., M.T. yang merupakan Kepala Program Studi Lanjut Jenjang (LJ) Teknik Telekomunikasi. Dalam sambutannya, beliau memberikan pengenalan singkat mengenai PENS baik denah kampus hingga berbagai program studi yang ada. Tak hanya itu, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada pihak Huawei yang memberikan kesempatan ini kepada mahasiswa PENS untuk mengenal lebih jauh tentang program sertifikasi yang diadakan Huawei.

Agenda dilanjutkan yakni pemaparan materi oleh Rayi Pradono Iswara, M.Sc. Penyampaian materi pertama berupa penjelasan singkat mengenai program sertifikasi yang Huawei berikan untuk para mahasiswa se-Indonesia. Selanjutnya adalah penjelasan materi mengenai AI dan IoT, dalam materinya Rayi Pradono memberikan berbagai informasi mulai dari sejarah, perkembangan hingga penerapannya. Penuh harap Rayi Pradono menyampaikan bahwa para mahasiswa PENS akan mengikuti program sertifikasi Huawei yang nantinya akan menambah bekal mereka didunia industri. “Persiapkan diri sebaik mungkin karena nantinya kalian akan membutuhkan bekal tersebut setelah lulus,” pesan Rayi.

Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan berlanjut pada sesi pertanyaan yang dibuka untuk para peserta yang hadir. Dengan antusias, para peserta melontarkan pertanyaannya kepada narasumber. Sebagai pamungkas kegiatan, sesi foto bersama dilakukan bersama narasumber dan peserta. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dorongan para mahasiswa PENS untuk aktif mencari berbagai pengalaman dalam bidang industri. (jes/raf)