Surabaya, pens.ac.id – Sebagai upaya membentuk karakter mahasiswa yang tangguh dan tumbuh, Guru Besar PENS Bidang Ilmu Robotic dan Computer Vision yakni Prof. Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng., Ph.D. memberikan orasinya dalam Studium Generale sekaligus kegiatan Pengukuhan Mahasiswa Baru 2021 oleh Senat PENS. Kegiatan dilangsungkan pada Jumat (20/8) secara luring di Auditorium Lt. 6 Gedung Pascasarjana PENS dan secara daring melalui Zoom Video Conference serta disiarkan secara langsung pada kanal YouTube PENS TV. Kegiatan kali ini bertajuk “Pendidikan Vokasi dan Kemerdekaan Belajar Menuju Karakterisasi Mahasiswa Tangguh dan Tumbuh” dengan dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dikukuhkan, dosen, dan anggota Senat PENS.

Pada orasinya, Prof. Ir. Dadet menyampaikan berbagai faktor penyebab dan tahapan Revolusi Industri 4.0. Adapun dijelaskan mengenai Society 5.0 yang memiliki kemiripan dengan Industri 4.0. “Intinya, pada Industri 4.0 dan Society 5.0 terdapat kemiripan yaitu dalam hal integrasi, dimana teknologi yang menjadi infrastruktur utama adalah komunikasi,” ujar Prof. Ir. Dadet.

Berikutnya, Prof. Ir. Dadet memaparkan mengenai Cyber Physical System (CPS) dimulai dari tujuan, ciri khas, hingga beberapa aplikasi yang terhubung dengan sistem tersebut. Selain itu, turut dijelaskan juga mengenai penggantian pekerjaan yang berulang digunakan oleh manusia dengan automation. “Kalau kita tidak berubah terhadap apa yang dihadapi dunia maka kita akan tertinggal dan terlantar,” pesan beliau.

Pendidikan Vokasi dan Kemerdekaan Pembelajaran turut dijelaskan pada orasi kali ini. Pada pemaparannya, mahasiswa diperbolehkan untuk menentukan keinginan belajar dalam bidang apapun, baik di kampus lain, industri maupun dunia usaha. Prof. Ir. Dadet menekankan bahwa mahasiswa harus memiliki cita-cita, pola pikir yang dewasa, mandiri, bertanggung jawab, motivasi belajar dan berkelanjutan. (irf/res)