Surabaya, pens.ac.id – Serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali dihelat. Berlangsung selama tiga pekan terhitung sejak Rabu (4/8), kegiatan PKKMB ini bertujuan untuk mengenalkan lingkup kampus PENS bagi Mahasiswa Baru 2021. Masih sama dengan tahun sebelumnya, kegiatan diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Video Conference. Pada pekan pertama, mahasiswa baru Program Diploma III berkesempatan untuk menjalani PKKMB terlebih dahulu yakni dimulai pada Rabu (4-6/8). Disusul dengan Program Sarjana Terapan pada (11-13/8) di pekan berikutnya.

Kegiatan PKKMB kali ini diikuti oleh mahasiswa baru dari 12 program studi termasuk mahasiswa Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU). Hari pertama PKKMB disuguhkan dengan berbagai materi pengenalan kampus oleh Aliridho Barakbah, S.Kom., Ph.D. selaku Direktur PENS. Deretan jajaran direksi juga turut memberikan penjelasan mengenai materi akademik hingga kerjasama dan kemitraan. Pada pemaparannya, Aliridho menjelaskan mulai dari sejarah PENS hingga prestasi besar yang pernah diraih PENS hingga saat ini.

Dalam sambutannya Direktur PENS juga berpesan agar Mahasiswa PENS dapat menerapkan slogan Jujur. Orisinil, Semangat, Santun (JOSS) dalam diri masing-masing. “Sebagai pembuka acara ini saya titip semangat dari PENS yang tertuang dalam slogannya yaitu PENS JOSS agar bisa kalian tanamkan dalam diri dan juga mental kalian,” ungkap Aliridho Barakbah. Pada penutup kegiatan terdapat pula materi terkait komunikasi dan pemrosesan data elektronik oleh Wiratmoko Yuwono, S.ST., M.Kom.

Pada hari kedua kegiatan masih diisi dengan pengenalan seputar kampus mulai dari pengenalan Departemen dan Program Studi hingga pemaparan mengenai kegiatan seputar minat bakat. Berbeda dengan hari sebelumnya, pada hari ketiga pelaksanaan mahasiswa baru disuguhkan dengan pemaparan materi umum, seperti cinta tanah air dan bela bangsa dan negara, bahaya NAPZA dan perilaku hidup sehat serta bahaya yang mengancam kesehatan kita di era pandemi Covid-19, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan baru pasca pandemic, hingga presentasi oleh beberapa tim mahasiswa berprestasi PENS.

Tidak hanya itu, Lembaga Minat Bakat (LMB) PENS turut menyemarakkan serangkaian PKKMB dengan menghelat Minat Bakat Expo yang dihelat pada Rabu (18/8). Dalam pelaksanaannya, panitia membagi 20 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan dua Komunitas PENS ke dalam breakout room masing-masing. Meski sempat mengalami kendala, berkat koordinasi yang baik kegiatan tetap berjalan dengan lancar.

Suksesnya perhelatan kegiatan PKKMB kali ini tentu tidak terlepas dari koordinasi panitia. Dengan berakhirnya kegiatan ini Galih Febryanta selaku Penanggung Jawab PKKMB 2021 berharap mahasiswa baru PENS memiliki bekal seputar kondisi kampus meski penyelenggaraannya dilaksanakan secara online. “Karena PKKMB dilaksanakan secara online dan tujuan dari kegiatan ini sebenarnya untuk pengenalan pada mereka, jadi diharapkan setelah mengikuti PKKMB setidaknya mereka tahu gambaran dari PENS beserta fasilitasnya,” ujarnya. (kik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian