Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat Workshop Kewirausahaan tahun 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom Video Conference. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (11-12/8, 14/8) ini bertujuan memberikan pengetahuan dan motivasi mahasiswa dalam menerapkan manajemen bisnis, finansial manajemen, dan business marketing. Pada kesempatan kali ini, kegiatan Workshop Kewirausahaan mengundang tiga pembicara yakni Tarmizi Erfandi selaku Founder kakatoo.id, Juli Indawati, S.H., MBA, yang merupakan Direktor PT. Perisai Mas Gemilang dan PT. Ivy Education Services, serta Digital Content Creator, Dian Mukti Wicaksono, S.Si.

Kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa penerima pendanaan kewirausahaan ini berlangsung selama dua jam. Di setiap harinya dibagi menjadi dua sesi yakni penjelasan materi dan sesi tanya jawab. Hari pertama kegiatan diisi dengan penyampaian materi mengenai manajemen bisnis oleh Tarmizi Erfandi. Pemateri yang merupakan Alumni PENS 2013 ini menjelaskan berbagai materi secara rinci mulai dari pengertian, pentingnya legalisasi dalam bisnis, hingga membagikan pengalamannya selama berkarir pada dunia bisnis. Selain itu, Tarmizi turut memberikan motivasi kepada para peserta.

Hari berikutnya merupakan giliran Juli Indawati untuk memaparkan materi mengenai manajemen finansial. Materi kali ini berbeda dari materi sebelumnya, yang mana pada topik materi tersebut lebih mengarah pada cara mengatur dan mengolah keuangan dalam berwirausaha. Guna mempermudah dalam memberikan informasi, pembicara terlebih dahulu membaca beberapa proposal mahasiswa penerima dana kewirausahaan. Selanjutnya usai menjelaskan sub-bab materi, Direktor PT. Perisai Mas Gemilang tersebut juga memberikan contoh menggunakan bisnis beberapa peserta. “Kamu harus melihat bahwa dalam berwirausaha ini kamu tidak dibatasi uang tetapi pikiranmu sendiri,” tuturnya saat penyampaian closing statement.

Pada hari terakhir yang dilaksanakan Sabtu (14/8), Dian Mukti Wicaksono, S.Si. memaparkan informasi cara memasarkan bisnis. Dimulai dari cara mengetahui pelanggan, memastikan produk menjadi solusi, dan memasarkan produk dengan cara yang benar.  Tidak hanya itu, digital content creator ini turut memberikan doorprize berupa majalah tentang bisnis bagi lima orang tercepat demi memantik semangat dan antusiasme para peserta selama mengikuti kegiatan. Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa PENS dalam bidang kewirausahaan. (ten/kik)

wpChatIcon
EnglishIndonesian